Dinilai Lecehkan Agama Hindu, Poster Film Adipurush Dilaporkan Tokoh Agama

Lecehkan Agama Hindu, Poster Film Adipurush Dilaporkan Tokoh Agama
Lecehkan Agama Hindu, Poster Film Adipurush Dilaporkan Tokoh Agama (Foto : Tangkap Layar)

AntvFilm Adipurush yang dibintangi oleh Prabhas dan Kriti Sanon tengah mengahadapi pelaporan terhadap produser, sutradara Om Raut atas poster baru  yang dinilai melecehkan agama Hindu.

Sebuah pengaduan telah diajukan terhadap produser Adipurush, sutradara Om Raut dan para pemeran dari film tersebut atas poster baru film tersebut karena telah melukai sentimen agama dari orang-orang dengan menampilkan karakter dari mitologi Hindi secara tidak tepat.

Sanjay Dinanath Tiwari yang menggambarkan dirinya sebagai seorang pengkhotbah Sanatan Dharma, telah mengajukan pengaduan di kantor polisi Sakinaka Mumbai melalui Advokat Pengadilan Tinggi Mumbai - Ashish Rai dan Pankaj Mishra.

Sesuai pengaduan tersebut, Sanjay telah menyatakan bahwa Adipurush telah dibuat berdasarkan biografi Maryada Purushottam Shri Ram dari kitab suci agama Hindu, Ramcharitmanas.

Ia menuduh bahwa poster baru Adipurush menunjukkan Dewa Ram dengan kostum yang bertentangan dengan semangat alami dan sifat Ramcharitmanas yang disebutkan dalam kitab suci agama Hindu.

Menurut sebuah laporan di India Today, pengadu juga mengklaim bahwa semua karakter Ramayana tidak mengenakan Janeu yang memiliki arti khusus dalam Sanatani Dharma Hindu. Sebuah FIR telah didaftarkan di bawah Pasal 295 (A), 298, 500, 34 dari KUHP India.

Beberapa hari yang lalu, para pembuat film Adipurush meluncurkan sebuah poster baru dari para pemeran film ini pada kesempatan yang baik, Ram Navami, sebuah festival yang dirayakan untuk menandai hari ulang tahun Dewa Ram.

Dalam poster tersebut, Prabhas dan Sunny terlihat membawa busur dan anak panah dengan mengenakan baju besi dan dhoti. Kriti mengenakan sari sederhana dengan kepala yang tertutup, sementara Devdatta terlihat bersujud untuk melayani ketiganya.

Tahun lalu, teaser dari Adipurush terperosok ke dalam kontroversi mengenai penggambaran dewa-dewa Hindu dan kualitas efek visual yang rendah.

Banyak orang mengecam para pembuat film ini karena Islamisasi Lankesh yang terlihat jelas atas penampilan Saif sebagai raja iblis, yang terlihat memelihara jenggot dan potongan jenggot.

Film Adipurush dijadwalkan untuk tayang di layar lebar pada tanggal 16 Juni 2023 mendatang.