Shah Rukh Khan Ungkap Al-Qur'an di Rumahnya Diletakkan Bersebelahan dengan Patung Dewa Hindu

Shah Rukh Khan Ungkap Al-Qur'an di Rumahnya Diletakkan Bersebelahan dengan Patung Dewa Hindu
Shah Rukh Khan Ungkap Al-Qur'an di Rumahnya Diletakkan Bersebelahan dengan Patung Dewa Hindu (Foto : Tangkap Layar)

Antv – Kisah perjalanan hidup superstar Bollywood Shah Rukh Khan, memang sangat menarik untuk diikuti, baik itu tentang masalah pribadinya, maupun karirnya di industri hiburan India.

SRK diketahui lahir pada 2 November 1965, dalam sebuah keluarga Muslim di New Delhi.

Ia menjalani lima tahun pertama hidupnya di Mangalore, dimana kakek pihak ibunya, Ifthikar Ahmed, menjabat sebagai kepala insinyur pelabuhan pada 1960-an.

Menurut SRK, kakek pihak ayahnya, Jan Muhammad, seorang etnis Pathan berasal dari Afghanistan.

Shah Rukh Khan juga berkata dalam wawancara-wawancaranya bahwa ia adalah seorang Pathan dari Peshawar, Pakistan. Seluruh keluarganya juga memakai bahasa Hindko untuk berbicara di rumah.

Ayah Khan, Meer Taj Mohammed Khan, adalah seorang aktivis kemerdekaan India di Peshawar, India Britania (sekarang Pakistan).

Pada tahun 2010, keluarga pihak ayah Khan masih tinggal di kawasan Shah Wali Qataal, Bazar Qissa Khawani, Peshawar.

Meer adalah pengikut dari Khan Abdul Ghaffar Khan, dan berafiliasi dengan Kongres Nasional Seluruh India. SRK pindah ke New Delhi pada 1948 setelah pemisahan India.

Ibu Khan, Lateef Fatima, adalah putri teknisi pemerintahan senior. Orangtuanya menikah pada 1959.

Khan menyebut dirinya sendiri di Twitter sebagai "setengah Hyderabad (ibu), setengah Pathan (ayah), [dan] sedikit Kashmiri (nenek)".

Para sepupu pihak ayahnya di Peshawar mengklaim bahwa keluarganya berdarah Hindkowan dari Kashmir, bukan Pashtun, dan juga menyangkal klaim bahwa kakeknya berasal dari Afghanistan.

SRK dibesarkan di kawasan Rajendra Nagar, Delhi. Ayahnya memiliki beberapa pabean usaha yang meliputi sebuah restoran, dan keluarganya tinggal dalam kehidupan kelas menengah di rumah susun sewaan.

SRK masuk Sekolah St. Columba di tengah Delhi dimana ia menyelesaikan pembelajarannya dan mengikuti olahraga seperti hoki dan sepak bola, dan meraih penghargaan tertinggi dari sekolah tersebut, Sword of Honour.

Pada masa mudanya, ia berakting dalam drama-drama panggung dan meraih pujian atas peniruannya dari para pemeran Bollywood, dimana orang-orang favoritnya adalah Dilip Kumar, Amitabh Bachchan dan Mumtaz.

Salah satu teman masa kecil dan mitra aktingnya adalah Amrita Singh, yang menjadi seorang aktris Bollywood.

SRK masuk Kolese Hansraj (1985–88) untuk meraih gelar sarjana dalam bidang Ekonomi, namun lebih banyak menjalani waktunya di Theatre Action Group (TAG), Delhi, dimana ia belajar akting di bawah bimbingan pengarah teater Barry John.

Setelah Hansraj, ia mulai belajar untuk gelar master dalam bidang Komunikasi Massa di Jamia Millia Islamia, namun hengkang untuk melanjutkan karier aktingnya.

Shah Rukh Khan juga masuk Sekolah Drama Nasional di Delhi saat karier awalnya di Bollywood.

Ayahnya meninggal akibat kanker pada 1981, dan ibunya meninggal pada 1991 akibat komplikasi diabetes.

Setelah kematian orangtuanya, kakaknya, Shahnaz Lalarukh, kelahiran tahun 1960, mengalami keadaan tertekan dan Khan mengambil tanggung jawab untuk merawatnya.

Shahnaz masih tinggal dengan saudaranya dan keluarganya di kediaman mereka di Mumbai.

SRK lantas menikahi Gauri Chibber, seorang Hindu Punjabi, dalam sebuah upacara perkawinan Hindu tradisional pada 25 Oktober 1991, setelah menjalin hubungan selama enam tahun.

Mereka memiliki seorang putra bernama Aryan (kelahiran tahun 1997) dan seorang putri bernama Suhana (kelahiran tahun 2000).

Pada 2013, mereka mendapatkan seorang anak ketiga bernama AbRam, yang lahir melalui seorang ibu surogasi.

Menurut Khan, meskipun ia sangat meyakini Islam, ia juga menghargai agama istrinya, yang memeluk agama Hindu.

Menurut SRK, anak-anaknya mengikuti kedua agama tersebut, di rumah, sebuah al-Qur'an diletakkan bersebelahan dengan patung-patung dewa Hindu.