Puluhan Produk Kuliner dan Website Digital Semarakan Expo Kampus Merdeka UTS 2023 Sumbawa Besar

Puluhan Produk Kuliner Semarakan Expo Kampus Merdeka UTS 2023
Puluhan Produk Kuliner Semarakan Expo Kampus Merdeka UTS 2023 (Foto : Antvklik I Irwansyah)

Antv – Dirjen Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi, Kemendikbud RI, Prof Nizam, membuka kegiatan pameran Kampus Merdeka UTS 2023, didampingi Rektor Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) Cahirul Hudaya dan Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany.

"Saya melihat, kegiatan kampus merdeka UTS ini bisa kita jadikan contoh bagi perguruan tinggi yang lain dimana perguruan tinggi itu peduli dengan masyarakat. Mahasiswa hadir di masyarakat melalui tridharmanya yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat," kata Dirjen Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi, Kemendikbud RI, Prof Nizam, kepada Antvklik.com, Sabtu (28/01/2023).

Dalam prakteknya, mahasiswa harus membawa pengetahuannya kemudian belajar bersama masyarakat termasuk mengembangkan produk produk baru yang akan meningkatkan perekonomian di desa.

"Jadi program merdeka digunakan untuk memberdayakan masyarakat melalui kegiatan membangun desa," tegasnya.

Kampus merdeka, merupakan program kementrian untuk memberikan ruang kepada mahasiswa untuk tidak hanya belajar di dalam kelas, akan tetapi juga dari kampus kehidupan misalnya belajar dari masyarakat, belajar dari industri, belajar dari pelaku ekonomi dan lainnya.

"Kita harapkan kegiatan seperti ini dilakukan oleh seluruh perguruan tinggi lainnya di Indonesia," katanya.

Sementara itu, Rektor UTS Chairul Hudaya, menjelaskan perogram Merdeka adalah singkatan dari membangun desa untuk kesejahteraan masyarakat.