Mengejutkan, Ini Daftar SAC Indonesia 2023 Bali-Nusra Qualifiers Yang Lolos Putaran Final Solo

Inilah 48 pelajar SAC Indonesia 2023 Bali-Nusra Qualifiers
Inilah 48 pelajar SAC Indonesia 2023 Bali-Nusra Qualifiers (Foto : SAC Indonesia)

Antv – Kompetisi atletik pelajar terbesar Tanah Air, SAC Indonesia 2023 Bali-Nusra Qualifiers mencapai puncaknya, Sabtu (28/10). Berlangsung selama tiga hari sejak Kamis (26/10) lalu di Stadion Oepoi, Kupang

Diikuti total 4.018 pelajar mewakili delegasi 191 sekolah dari tiga provinsi, yakni Nusa Tenggara Timur (NTT), Bali, dan Nusa Tenggara Barat (NTB). Memperlombakan lima main event, mulai dari lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah (middle distance), lari estafet (relays), lompat jauh (long jump), hingga tolak peluru (shot put) bagi pelajar tingkat SMA/sederajat, SMP, hingga SD. 

Bertujuan sebagai wadah bagi anak-anak muda Indonesia, khususnya pelajar untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik. Tak hanya masif dalam hal jumlah kepesertaan yang terlibat, banyak bakat-bakat potensial bermunculan pada kompetisi hasil kolaborasi PB PASI dan DBL Indonesia yang menginjak musim kedua ini. 

img_title
Aksi Petrus Wanda dari SMA Sudirman Kupang juara lompat jauh. (Foto: SAC Indonesia)

Dari ribuan pelajar yang berpartisipasi di Bali-Nusra Qualifiers ini, mayoritas berstatus pemula. Bahkan, tak sedikit yang baru kali pertama merasakan pengalaman berlomba pada kejuaraan atletik secara resmi. Salah satunya adalah Petrus Wanda. Yang berasal dari SMA Sudirman Kupang. Petrus, begitu ia kerap disapa, berhasil merebut podium juara lompat jauh putra dengan perolehan jarak 5,51 meter. Padahal dia sebelumnya tidak pernah mengenal apa itu lompat jauh. 

Sekum Pengprov PASI NTT, Karel Muskanan, mengaku takjub dan menyambut gembira atas output dari diselenggarakannya SAC Indonesia 2023 Bali-Nusra Qualifiers ini di wilayahnya. Hingga munculnya bakat-bakat baru dalam olahraga atletik. Menurutnya, ini merupakan prestasi spektakuler. 

"Saya melihat ini momen yang baik. Khususnya bagi pemula menuju sebagai atlet yang potensial. Apalagi NTT dan NTB akan jadi tuan rumah pada PON 2028 nanti," ungkap Karel. 

Selain itu, ada satu fenomena unik dalam penyelenggaraan SAC Indonesia 20223 Bali Nusra Qualifiers ini. Yakni sukses kawin gelar oleh dua sekolah asal Kupang, NTT. SMA Giovanni Kupang berjaya pada nomor relays. Tim estafet putra dan putri sekolah tersebut menjuarai 4x100 meter. 

Sukses kawin gelar juga dicatatkan delegasi putra dan putri SMAN 7 Kupang yang berhasil mengantarkan siswa dan siswinya naik podium juara nomor lari 1.000 meter (middle distance).