Keseruan Perayaan Kemerdekaan Indonesia dan India di Pasar Festival Kuningan

india club jakarta
india club jakarta (Foto : )

Perayaan hari kemerdekaan India dan Indonesia diselenggarakan secara meriah di lapangan bola Pasar Festival, Jakarta Selatan, Rabu, 17 Agustus 2022. Menurut Wakil Ketua India Club Jakarta Ramesh Ramachandran, hari ini merupakan hari spesial karena menjadi perayaan hari kemerdekaan dua negara.

"Hari ini independence day mela. Artinya hari kemerdekaan India 75 tahun, kemerdekaan Indonesia 77 tahun. Kami mau rayakan, sehingga kami  atur acara ini, ada budaya dan art festival," ucap Ramesh saat ditemui di lokasi.

Selain itu, mereka juga membuka  sejumlah stand makanan yang juga cukup diminati. "Ada 32 stand makanan sama jualan busana India begitu, sama dari India yang punya baju-baju spesial. Kita rayakan seperti di India," katanya.

Menurutnya, makanan yang dijual merupakan hidangan rumahan keluarga India. "Jadi hari ini kita ada beberapa macam homemade food. Makanan yang kita siapkan bukan dari restoran komersial. Jadi ini ibu-ibu rumah tangga bikin masakan," ujarnya menjelaskan.

Sedangkan Duta Besar India untuk Indonesia, Manoj Bharti dalam kesempatan yang sama mengungkapkan bahwa hari ini merupakan perayaan yang cukup penting. “Perayaan kali ini merupakan hari yang cukup penting untuk kedua negara. Hari kemerdekaan Indonesia pada hari ini dan kemerdekaan India jatuh pada tanggal 15 Agustus, dua hari lalu,” ucap Manoj di sela-sela acara.

Kedua negara memiliki arti penting karena bisa lepas dari bentuk penjajahan dan kolonialisme. “Hari ini bagi kedua negara merupakan perayaan penting. Karena memiliki arti lepas dari bentuk penjajahan. Sebelumnya kedua negara diperintah oleh kekuatan kolonial. Kedua negara bisa lepas dengan perjuangan yang panjang,” ungkapnya.

Menjadi sangat penting untuk tetap menjalin kerja sama kedua negara. Pasalnya populasi India dan Indonesia menunjukkan jumlah yang sangat signifikan. “Ini sangat penting untuk diingat kedua negara merupakan bangsa yang sangat besar di dunia. India memilki populasi 1,41 miliar jiwa saat ini.