Tangis Atalia Praratya saat Nama Eril Dihapus dari Kartu Keluarga

atalia
atalia (Foto : )
Rasa pilu dan duka masih menyelimuti keluarga Ridwan Kamil dan Atalia Praratya usai meninggalnya putra sulung mereka. Emmeril Khan Mumtadz alias Eril. Meski telah disibukkan dengan kegiatan politik, sosial dan lainnya. Atalia dan Ridwan masih tetap berusaha untuk tabah dan tegar.
Dalam perbincangan di kanal Youtube Najwa Shihab. Atalia menjelaskan kondisinya terkini bersama keluarganya setelah kepergian Eril.“Sekarang sibuk, sesibuk-sibuknya sebetulnya. Tapi untuk hal-hal yang memang lebih banyak untuk kita mencari makna dalam kehidupan,” kata Atalia kepada Najwa Sihab, dikutip VIVA,  Kamis, 7 juli 2022.Namun, ada cerita lain yang lebih menyakitkan lagi bagi Atalia. Ia menceritakan hal yang memberatkan hatinya.Jika ada anggota keluarga yang meninggal dunia, maka anggota keluarga yang hidup yang mengurus akta kematian dan akan dibuatkan Kartu Keluarga baru. Di dalam Kartu Keluarga itu nama orang yang meninggal akan dihilangkan.Hal tersebut juga dirasakan oleh keluarga Ridwan Kamil. Seperti yang terjadi, Atalia mengurus segala berkas administratif terkait putranya itu, yaitu akta kematian milik mendiang sang anak.[caption id="attachment_538015" align="alignnone" width="762"]
(foto: Instagram @ataliapr)[/caption]Setelah mendapatkan surat kematian tersebut, Atalia juga menerima Kartu Keluarga barunya yang dimana nama Eril tidak lagi dicantumkan di dalamnya.“Jadi waktu kita ngurusin surat kematian Eril, kan dapat akta tuh. Pada waktu dapat akta itu, saya ‘oh iya terima kasih pak’. Terus tiba-tiba (stafnya berkata), ‘ini bu sekalian kartu keluarganya’,” kata Atalia.Pada saat itu, ia sempat protes ketika mendapat Kartu Keluarga yang baru. Atalia tak rela nama Eril dihilangkan dari Kartu Keluarga yang baru, sehingga ingin terus ada. Sayangnya hal itu tidak bisa dilakukan karena berurusan dengan administratif.“Di situ saya nangis, karena nama Eril udah gak ada kan di situ. Jadi saya bilang ‘Bapak kenapa dihilangin? Udah biarin aja’. Kata bapaknya, ‘Gak bisa bu ini administratif’. Itu sih, saya beratnya di situ,” lanjut Atalia Praratya sambil menahan tangis.Sang ayah, Ridwan Kamil menambahkan dalam sistem hukum kependudukan sebuah kartu keluarga tidak diperbolehkan mencantumkan orang yang telah meninggal dunia.“Tapi enggak apa-apa sih kita cuma waktu itu masih kaget kalo sekarang ngga masalah,” kata Atalia.Seperti diketahui, keluarga Ridwan Kamil mendapatkan kabar duka atas meninggalnya Emmeril Khan Mumtadz yang sebelumnya sempat menghilang karena terbawa arus di Sungai Aare, Swiss pada 26 Mei 2022. Jasad Eril telah disemayamkan pada Senin 13 Juni 2022 di pemakaman keluarga di Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.