AS Roma Singkirkan Ajax Amsterdam Usai Imbang 1-1

AS Roma vs Ajax Amsterdam 1-1 Edin Dzeko
AS Roma vs Ajax Amsterdam 1-1 Edin Dzeko (Foto : )
AS Roma singkirkan Ajax Amsterdam usai imbang 1-1. Giallorossi berhasil merebut tiket Semi final Liga Europa setelah menahan imbang Ajax 1-1 di leg kedua babak perempat final.
AS Roma memastikan satu tiket ke semi final Liga Europa usai menyingkirkan wakil Belanda Ajax Amsterdam. Giallorossi lolos ke babak semi final Liga Europa usai bermain imbang 1-1 saat menjamu Ajax Amsterdam di leg kedua perempat final.Ajax tampil lebih dominan dengan menguasai 73 persen bola saat menghadapi tuan rumah AS Roma di Stadion Olimpico, Roma, Jumat (16/4/2021) dini hari WIB. Ajax Amsterdam bahkan berhasil mencetak gol lebih dulu di menit ke-49’ lewat Brian Brobbey.Namun AS Roma mampu bangkit dan memupus ambisi Ajax Amsterdam setelah skuad asuhan pelatih Paulo Fonseca akhirnya berhasil membalas lewat gol Edin Dzeko di menit ke-72’.Hasil ini mengantarkan AS Roma ke semi final dengan keunggulan agregat gol 3-2, setelah sebelumnya menang 2-1 di leg pertama yang digelar di Amsterdam.
Babak Pertama AS Roma vs Ajax Amsterdam Tampil di kandang sendiri AS Roma langsung membuka serangan dengan mengancam gawang Ajax Amsterdam di menit ke-5’. Lewat sebuah serangan balik, Lorenzo Pellegrini melepaskan tendangan kaki kiri yang mengarah ke gawang Ajax, namun kiper Maarten Stekelenburg berhasil menyelamatkan gawangnya.Ajax mulai keluar menyerang dan baru mendapatkan peluang di menit ke-10’ lewat sundulan Nicolas Tagliafico memanfaatkan sepak pojok Dusan Tadic. Namun arah bola belum tepat sasaran. Di menit ke-14’, tendangan jarak jauh Pellegrini kembali berhasil diredam oleh kiper Stekelenburg.Selanjutnya ada Tadic yang mendapat kesempatan mencetak gol, tapi tembakannya di menit ke-20’ bisa diamankan kiper Roma, Pau Lopez. Lopez kembali menahan tendangan pemain Serbia itu pada menit ke-36’. Skor 0-0 bertahan hingga jeda. Babak Kedua AS Roma vs Ajax Amsterdam Di babak kedua, Ajax yang membutuhkan gol langsung menekan sejak peluit dibunyikan. Upaya para pemain Ajax meningkatkan serangan membuahkan hasil dengan mencetak gol di menit ke-49’. Brian Brobbey yang baru masuk di menit ke-46’, mencatatkan namanya di papan skor.Berawal dari build-up di lini belakang, Perr Schuurs mengirim umpan terobosan ke depan yang langsung diterima Brobbey. Pau Lopez maju mengadang, tapi sontekan Brobbey sudah cukup untuk membawa Ajax unggul 1-0.Situasi ini menambah semangat para pemain Ajax untuk mencetak gol tambahan. Di menit ke-56’, gol kedua berhasil dicetak oleh Dusan Tadic. Namun wasit Anthony Taylor menganulir gol tersebut. Lewat tayangan Video Assistant Referee (VAR), terlihat sebelum gol terjadi, Tagliafico melakukan pelanggaran terhadap Henrikh Mkhitaryan.Ajax terus menekan lini pertahanan Roma. Sementara Giallorossi lebih banyak main bertahan di belakang, dan sesekali mencoba melancarkan serangan balik. Taktik yang diperagakan Giallorossi membuahkan hasil di menit ke-72’.Bek muda Riccardo Calafiori melakukan aksi individu, menusuk ke dalam kotak penalti kemudian mengirim umpan silang kepada Edin Dzeko. Barisan belakang Ajax coba menghalau bola, namun bola tetap mengarah kepada Dzeko, yang dengan tenang menceploskan si kulit bundar ke gawang Stekelenburg.Skor berubah imbang 1-1 dan di sisa waktu yang ada, Ajax terus menekan lini pertahanan Roma, namun tidak ada lagi gol yang bisa diciptakan skuad asuhan Erik ten Hag itu. Skor 1-1 bertahan hingga pertandingan usai. Hasil ini membuat AS Roma berhak lolos ke semi final Liga Europa dengan agregat gol 3-2 atas Ajax Amsterdam. Susunan Pemain AS Roma vs Ajax Amsterdam