Zainudin Amali Pastikan Piala Menpora Tak Terganggu Kasus Ujicoba Timnas U-23

Menpora Zainuddin Amali dan Ketum PSSI
Menpora Zainuddin Amali dan Ketum PSSI (Foto : )
Zainudin Amali pastikan Piala Menpora tak terganggu kasus ujicoba Timnas U-23. Menpora menegaskan pembukaan Piala Menpora 2021 sesuai jadual di Stadion Manahan Solo 21 Maret 2021.
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memastikan penyelenggaraan turnamen pramusim Piala Menpora 2021 tidak akan terganggu dengan kasus izin keramaian ujicoba Tim Nasional U-23.Akibat pengajuan ijin yang sangat mepet dari panitia penyelenggara kepada Polri, membuat laga uji coba perdana Timnas U-23 melawan PS Tira Persikabo pada Rabu 3 Maret 2021 dibatalkan."Piala Menpora tidak ada masalah," ujar Zainudin di Gedung Kemenpora, Jakarta, Kamis.Menurut politikus Partai Golkar itu, Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto memang sempat mempertanyakan soal dampak pembatalan pertandingan persahabatan tersebut terhadap Piala Menpora 2021 ketika menemui dirinya di Gedung Kemenpora, Kamis.Menpora pun menegaskan bahwa selama mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19, Piala Menpora 2021 yang akan digelar mulai 21 Maret hingga 25 April 2021 akan terus berjalan sesuai rencana."Sempat ada kekhawatiran kalau Piala Menpora terpengaruh dengan kejadian semalam, tetapi tidak. Semua tetap berjalan dan sebagaimana disampaikan Ketua Umum PSSI, turnamen pramusim itu akan dibuka di Stadion Manahan, Solo," kata Zainudin Amali.Seperti diketahui, pertandingan persahabatan Timnas U-23 melawan PS Tira Persikabo, yang dijadwalkan berlangsung Rabu 3 Maret 2021 mulai pukul 20.00 WIB di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, dibatalkan. Pembatalan dilakukan kurang dari satu jam sebelum kick off lantaran izin keramaian Polri belum keluar.Sesuai jadwal Piala Menpora 2021 akan digelar mulai 21 Maret-25 April 2021. Turnamen Pra Musim ini akan diikuti oleh 18 klub anggota Liga 1. Mereka akan dibagi dalam empat grup. Pembagian grup atau undian peserta akan dilakukan Senin, 8 Maret 2021.Ada empat daerah yang ditunjuk menjadi tuan rumah penyisihan grup yaitu Bandung, Sleman, Solo dan Malang. Pertandingan akan digelar di Stadion Manahan Solo, kemudian di Bandung dipilih Stadion Gelora Bandung Lautan Api, di Gede Bage. Sementara dua stadion lainnya adalah Stadion Maguwo Harjo Sleman dan Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang.Sesuai dengan kesepakatan Polri, Kemenpora, PSSI dan LIB, Piala Menpora 2021 wajib dilaksanakan dengan penerapan ketat protokol kesehatan pencegahan COVID-19.Polri menjadikan Piala Menpora 2021 sebagai acuan untuk memberikan izin keramaian Liga 1 dan Liga 2 Indonesia musim 2021.Jika kompetisi itu berjalan lancar dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara baik, maka Polri memastikan Liga 1 serta Liga 2 2021 dapat bergulir. Namun, andaikata terjadi sebaliknya, izin keramaian untuk liga Indonesia tidak akan diterbitkan.[caption id="attachment_443818" align="alignnone" width="900"]
Menpora Zainudin Amali dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan Menpora Zainudin Amali dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menghimbau semua insan sepakbola di seluruh tanah air mendukung penuh turnamen Pra Musim Piala Menpora 2021 dengan Nonton di rumah saja, tidak membuat kerumunan, dan tidak menggelar Nonton Bareng yang sudah dilarang oleh Polri, Menpora dan PSSI. (Foto : PSSI)[/caption]Karena itu seluruh insan sepakbola di tanah air harus saling mendukung, khususnya supporter setiap kesebelasan agar tidak membuat kerumunan dan menggelar nonton bareng yang sudah dilarang oleh Polri, Kemenpora dan PSSI. Mereka cukup #NONTON DI RUMAH SAJA, demi kelancaran kompetisi Liga Indonesia.