Gereja Sepi Didera Corona, Pastor Usung 'Monstran' Keliling Kota Palermo

Gereja Sepi Didera Corona, Pastor Usung 'Monstran' Keliling Kota Palermo
Gereja Sepi Didera Corona, Pastor Usung 'Monstran' Keliling Kota Palermo (Foto : )
Virus Corona telah mendera Italia. Gereja sepi pengunjung. Umat lebih banyak memilih berdoa di rumah. Seorang pastor bernama Leonardo Ricotta dari Gereja Santa Agata, Palermo berinisiatif keliling kota. Mengusung monstran dan membagi hosti (roti tak beragi) untuk umat di kota Palermo.
Apa yang dilakukan pastor senior Leonardo Ricotta dari Gereja Santa Agata, Palermo terekam dalam video yang diunggah di akun YouTube: Padre Rodrigo Maria.Dalam video berdurasi 3 menitan ini nampak pastor Leonardo mengusung monstran, berjalan keliling kota untuk membagi hosti (roti tak beragi) yang merupakan simbol Tubuh Suci Kristus.

Monstrans adalah wadah yang digunakan Gereja Katolik, Gereja Katolik Lama, dan Gereja Anglikan untuk memajang Hosti Ekaristi yang sudah dikonsekrasi dalam upacara Adorasi Ekaristi atau Pemberkatan Sakramen Maha Kudus.

 Monstran diciptakan pada abad pertengahan untuk memajang relikui-relikui di depan umum. Kini, monstrans biasanya dikhususkan sebagai wadah Hosti.

 Kata monstrans berasal dari kata Latin monstrare, artinya "memperlihatkan" atau "mempertunjukkan".

Inisiatif ini bukan dari Tahta Suci Vatikan. Ini adalah inisiatif pribadi pastor Leonardo. Gereja-gereja di Italia sepi pengunjung. Agar umat katolik tetap bisa menerima simbol penyatuan dengan Sang Kristus, Leonardo yang mendatangi umat.https://www.youtube.com/watch?v=Jf7gPirXDKY&feature=youtu.be