Lawan Virus Corona dengan Pola Hidup Sehat Ini

Lawan Virus Corona dengan Pola Hidup Sehat Ini
Lawan Virus Corona dengan Pola Hidup Sehat Ini (Foto : )
Ada cara sederhana untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terinfeksi virus dan bakteri, salah satunya dengan menjalani pola hidup sehat.
Sistem kekebalan tubuh atau sistem imun tubuh terdiri dari sekumpulan sel, jaringan dan organ tubuh yang saling bekerja sama untuk melindungi tubuh dari serangan virus, bakteri, jamur dan parasit. Saat sistem kekebalan tubuh lemah, kuman-kuman tersebut dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan infeksi.Meningkatkan sistem kekebalan tubuh bisa menjadi salah satu cara agar tubuh tidak terinfeksi oleh virus termasuk virus corona atau COVID-19. Jika kekebalan tubuh kita kuat, maka kita tidak akan mudah jatuh sakit.Ada berbagai cara sederhana untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, salah satunya dengan menjalani pola hidup sehat. Berikut pola hidup sehat yang dapat dijalani untuk meningkatkan sistem imun tubuh:
Berolahraga secara teratur Olahraga rutin dapatĀ  memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan cara merangsang kinerja sel darah putih. Tidak hanya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, olahraga juga baik untuk mengurangi stres, menurunkan berat badan, memperkuat otot dan tulang, serta membuat tidur lebih nyenyak.Waktu olahraga yang disarankan adalah selama 20-30 menit setiap hari. Pilihan olahraga yang baik dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh meliputi berjalan kaki, berenang, bersepeda, senam, hingga latihan fisik di gym. Mengelola stres Tingkat stres yang tinggi dapat memicu tubuh untuk terus memproduksi hormon kortisol. Kadar hormon stres atau kortisol yang tinggi, lama-kelamaan dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lemah.Oleh karena itu, luangkanlah waktu untuk melakukan hobi, cukup istirahat, aktif bersosialisasi dan relaksasi untuk meredakan stres. Bila perlu, anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau psikolog untuk mengatasi stres yang anda alami. Tertawa