Liga Polo Air Usia 16 Tahun, Menuju Indonesia Tuan Rumah Olimpiade 2032

17022020 Liga Polo Air
17022020 Liga Polo Air (Foto : )
Jelang bidding Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, Polo Air Indonesia sudah bersiap dengan menggelar  Liga Polo Air U-16 tahun yang dipersiapkan menuju Olimpiade. 
Polo Air menuju pentas Olimpiade 2032 Indonesia. inilah tekad yang dikumandangkan insan polo air Indonesia untuk terus menggelorakan polo air. Meski Olimpiade 2032 masih 12 tahun lagi, namun polo air sudah merancang cita-cita untuk mengukir sejarah baru polo air Indonesia di pentas Olimpiade.Polo air putra baru saja mencatatkan sejarah, untuk kali pertama berhasil meraih medali emas di ajang SEA Games 2019 Filipina. Di tahun 2018, juga berhasil menembus peringkat delapan besar Asia di ajang multi event Asian Games 2018.Momentum inilah yang dijadikan dasar untuk terus menggairahkan olahraga polo air.Menurut Wisnu Wardhana, Ketua Penyelenggara, Liga Polo Air akan dimulai 3 Maret 2020 di Jakarta khusus untuk usia dibawah 16 tahun."Usia 16 tahun sangat pas hingga nantinya di tahun 2032 akan mencapai golden age 27-28 tahun. Jika Indonesia berhasil memenangkan bidding menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, maka kami siapkan membentuk Timnas sejak usia dini," papar Wisnu dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa, 18 Februari 2020.Selain Wisnu, hadir dalam jumpa pers di Stadion Akuatik adalah Harlin E. Rahardjo (Waketum PB PRSI), Dean Baldwin (Komtek Polo Air PB PRSI), Albert Sutanto (Perwakilan PRSI DKI Jakarta), Brita (Manajer Stadion Akuatik) dan Yanto (Pengelola Stadion Akuatik).[caption id="attachment_282051" align="alignnone" width="1280"]
Liga Polo Air 2020 diikuti 9 tim dan dalam satu tim boleh digabung laki dan perempuan. Foto : dok[/caption]Di tambahkan Dean Baldwin, Pelatih Nasional, rencananya Liga Polo Air U-16 akan berlangsung di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno Jakarta tanggal."Kita bukan bermimpi, tapi punya rencana besar untuk membentuk timnas polo air yang kuat. Tidak hanya di Jakarta, kami juga akan membuat Liga Polo Air di beberapa kota besar lainnya," imbuh Dean yang tergabung dalam sukses Timnas polo air meraih emas di SEA Games 2019 Filipina.Sembilan tim yang akan bertanding di Liga Polo Air adalah Jaq, Pari Sakti, Millenium Aquatic, Indonesia Star Aquatic, Bina Taruna, Tirta Kencana 78, Kusuma Harapan, Tirta Taruna, Kuda Laut.Liga ini di gelar mulai 3 Maret 2020 dan bertanding seminggu sekali. "Jadwalnya setiap Selasa malam pukul 19.00 - 21.00 WIB selama 11 pekan. Dan babak final dilangsungkan usai lebaran," ujar Dean.Menurut Wakil Ketua PB PRSI, Harlin E. Rahardjo, Liga polo air sangat bagus dan bakal menjadi sentra pembinaan olah raga polo air di Indonesia."Yang pertama masyarakat kenal dulu dan polo air semakin popular. Kemudian seiring dengan Liga berjalan, akan muncul bibit-bibit polo air yang banyak. Ini bagus untuk pembinaan polo air, karena kita juga ingin mencetak sejarah baru mempertahankan medali emas polo air di SEA Games 2021," papar Harlin.Albert Sutanto yang juga mengirim tim Millenium Aquatic siap mensupport olahraga polo air. "Biasanya kan renang yang jadi motor akuatik. Tapi dengan momentum medali emas SEA Games ini membangkitkan animo polo air. Di klub Millenium yang mendaftar sampai 49 orang," ujar Albert Sutanto. (*)