Kontrak Rossi Dengan Yamaha Terancam Stop Karena Vinales Atau Quartararo

Kontrak baru Valentino Rossi dengan Yamaha terancam berhenti
Kontrak baru Valentino Rossi dengan Yamaha terancam berhenti (Foto : )
Kontrak baru Valentino Rossi dengan pihak Yamaha terancam tidak berlanjut. Ini karena pihak pabrikan berlambang garpu tala enggan menunggu lama Valentino Rossi untuk segera membuat sebuah keputusan.
Padahal, Valentino Rossi sudah menyatakan bahwa dia ingin mengevaluasi penampilannya dalam sepertiga kejuaraan sebelum menentukan sikap soal kontraknya. Akan tetapi, keinginan Valentino Rossi itu bertentangan dengan kehendak petinggi Yamaha.Tren memberikan kontrak pada awal musim di MotoGP membuat tim harus bergerak cepat untuk mengamankan pembalapnya. Yamaha telah memberikan penawaran kepada Valentino Rossi untuk membuat pilihan terkait masa depannya. Namun, Yamaha enggan menunggu lama dan menginginkan Rossi segera memutuskan bertahan atau tidak."Valentino adalah ujung tombak dari merek kami," kata Project Leader Yamaha MotoGP, Takahiro Sumo."Tetapi dia harus segera memutuskan apakah bakal terus membalap atau menjadi referensi bagi perusahaan kami," tambahnya.Yamaha memiliki tiga kandidat potensial untuk mengisi kursi tim pabrikannya pada masa mendatang. Selain Valentino Rossi, dua tempat di skuad utama diperebutkan oleh Maverick Vinales dan rising star MotoGP, Fabio Quartararo.Rossi sendiri sudah mempertimbangkan fakta bahwa Yamaha tidak memiliki waktu banyak untuk menetapkan lineup pembalapnya."Saya akan berbicara kepada Lin Jarvis, (Managing Director Yamaha) dan Yamaha, memahami apa yang mereka pikirkan," ujar Rossi dalam interview pada akhir tahun lalu.The Doctor telah menjadi ikon karena akan memasuki musim ke-15 bersama Yamaha di ajang balap motor terpopuler itu. Selain untuk berkompetisi, musim itu sekaligus menjadi momen Rossi untuk membuat keputusan terkait masa depannya di MotoGP.Pencapaian yang menurun menjadi alasan rider Monster Energy Yamaha itu belum memantapkan keputusan untuk terus bersaing di MotoGP 2020.Mengawali karier balapnya di kelas premier bersama Honda, Rossi mencapai masa jayanya bersama Yamaha. Empat gelar terakhir dari total tujuh gelar juara 500cc/MotoGP diraih Rossi saat mengendarai motor M1.Rencananya sesi pramusim MotoGP 2020 akan segera digelar di Malaysia dan Qatar bulan depan. Tes pertama berlangsung di Sirkuit Sepang pada 7-9 Februari, sedangkan sesi berikutnya digelar pada Sikuit Losail 22-24 Februari.Ada pun balapan MotoGP musim ini mulai digeber pada 8 Maret 2020 dan Seri grand prix Qatar akan menjadi race pembukanya.
Inilah kalender lengkap MotoGP 2022 8 Maret - Qatar22 Maret - Thailand5 April - Amerika Serikat19 April - Argentina3 Mei - Spanyol (Jerez)17 Mei - Prancis31 Mei - Italia7 Juni - Catalunya21 Juni - Jerman28 Juni - Belanda12 Juli - Finlandia9 Agustus - Republik Ceko16 Agustus - Austria30 Agustus - Inggris13 September - San Marino4 Oktober - Aragon18 Oktober - Jepang25 Oktober - Australia1 November - Malaysia15 November - Valencia