Pencak Silat Ditetapkan Jadi Warisan Tak Benda Dunia UNESCO

pencak silat
pencak silat (Foto : )
Pencak silat akhirnya masuk dalam daftar warisan tak benda dunia UNESCO. Dengan penetapan ini, sudah ada 10 warisan budaya Indonesia yang masuk dalam daftar UNESCO.
Sidang Komite ke 14 Warisan Budaya Tak Benda UNESCO digelar di Bogota Kolombia, Kamis (12/12/2019).  Hasilnya, pencak silat ditetapkan masuk dalam daftar warisan tak benda dunia UNESCO.Komite memandang, pelestarian tradisi pencak silat telah menunjukkan aspek yang mendorong penghormatan dan persaudaraan serta mendorong kohesi sosial.  Ini terjadi tidak hanya di satu wilayah, tetapi juga secara nasional bahkan di dunia internasional.Penetapan pencak silat dalam Warisan Budaya Tak Benda UNESCO merupakan bentuk pengakuan dunia internasional seni bela diri yang dimiliki nenek moyang bangsa Indonesia dan yang masih berkembang sampai hari ini. (12/12)
“Indonesia memiliki komitmen kuat untuk senantiasa menjaga kelestarian pencak silat, antara lain melalui pendidikan pencak silat yang tidak hanya fokus pada aspek olah raga dan seni bela diri. Namun juga sebagai bagian dari seni dan budaya," ungkap Direktur Sosial Budaya dan OINB Kemlu, Kama Pradipta.
Dengan penetapan pencak silat, maka Indonesia memiliki 10 (sepuluh) warisan budaya tak benda Indonesia yang masuk dalam daftar UNESCO, yakni wayang, batik, pelatihan batik, angklung, tari saman, noken, tiga genre tradisi tari Bali, kapal pinisi dan pencak silat.
Kemlu