Festival Angklung 2023: Membebaskan Nada-Nada Tradisional yang Diakui UNESCO

Festival Angklung 2023: Membebaskan Nada-Nada Tradisional yang Diakui UNESCO
Festival Angklung 2023: Membebaskan Nada-Nada Tradisional yang Diakui UNESCO (Foto : Dok. Istimewa)

Antv – Sabtu, 2 Desember 2023, akan menjadi hari di mana melodi Angklung membahana meramaikan suasana Hotel Santika Premier Linggarjati, Kuningan, Jawa Barat.

Inisiatif Disporapar Kabupaten Kuningan, didukung penuh oleh Disparbud Jabar, Kemenparekraf, dan ANTV, menghadirkan Festival Angklung 2023 sebagai panggung spektakuler bagi alat musik tradisional yang telah diangkat sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO.

Angklung, bukan hanya alat musik biasa, tetapi juga pewarisan kisah sejarah Indonesia.

Terlahir dari kata "angkleung-angkleungan," Angklung tidak hanya berdiam sebagai alat musik, tetapi juga menyampaikan getaran kaya makna dari setiap serat tradisi yang mengiringinya.

Awalnya hadir dalam ritual keagamaan dan upacara tradisional abad ke-7 di daerah Sunda, Jawa Barat, Angklung berkembang seiring waktu dan melibatkan diri dalam seni pertunjukan.

Menjadi bagian tak terpisahkan dari seni tradisional Jawa Barat, Angklung memancarkan keunikannya dalam harmoni dan keindahan melodi yang dibawakannya.

Kuningan, tempat di mana semangat Angklung membuncah sejak tahun 1938, secara gemilang ditetapkan sebagai Kabupaten Angklung oleh Kemenpar Republik Indonesia pada 16 November 2010.

Keberhasilan ini tidak hanya mengangkat Angklung sebagai kekayaan dunia, tetapi juga mengukuhkan Kabupaten Kuningan sebagai penjaga warisan yang bernilai.

Festival Angklung 2023, selain menjadi panggung perayaan Perundingan Linggarjati yang ke-77, juga memberikan suntikan positif bagi ekonomi kreatif sekitar.

Transportasi, kuliner, kerajinan tangan, dan destinasi wisata diharapkan tumbuh sejalan dengan semaraknya acara ini.

Namun, Festival Angklung 2023 tidak hanya tentang angka dan fakta. Panggungnya akan diramaikan oleh penampilan-penampilan seru, mulai dari Manshur Angklung dan Dj, Dutklung Project, Samgo Band, Angklung SMANTIKA, hingga kolaborasi musik yang menggabungkan keindahan Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Indramayu.

Mari saksikan dan rasakan sendiri keajaiban Angklung yang bersatu dalam harmoni. Festival Angklung 2023, di atas panggungnya yang gemerlap, akan membawa kita merasakan kekayaan tradisi yang terus hidup dan berkembang.

Jangan lewatkan detik-detik magis ini, di mana Angklung membebaskan nada-nada tradisional yang kini mendunia!