5 Tepung Sehat Bagi Anda Yang Sedang Menjalani Diet

5 Tepung Sehat Bagi Anda Yang Sedang Diet
5 Tepung Sehat Bagi Anda Yang Sedang Diet (Foto : )
Bagi yang menjalani diet sehat hindarilah konsumsi tepung terigu yang berkalori tinggi, dan ganti dengan tepung sehat yang kaya gizi namun berkalori rendah.
Tepung adalah salah satu jenis bahan makanan yang perlu dihindari bagi yang sedang menjalani program diet sehat. Tepung yang dimaksud adalah tepung terigu yang lazim digunakan dalam berbagai jenis makanan seperti mie, pizza, pasta, hingga gorengan.Tepung terigu banyak digunakan karena mengandung gluten yang membuatnya mudah diaplikasikan sebagai bahan pencampur makanan. Namun tepung ini memiliki beberapa kelemahan, seperti kandungan kalori yang tinggi, sehingga tidak aman dikonsumsi oleh orang yang sedang berdiet.Bagi anda yang sedang menjalani diet, mengganti tepung terigu dengan tepung sehat adalah sebuah pilihan bijak. Berikut 5 tepung sehat sebagai alternatif pengganti tepung terigu yang layak dicoba:Tepung AlmondTepung almond bisa dibuat dari almond manis yang telah dikupas atau almond yang masih berkulit ari. Tepung almond dikenal sebagai tepung sehat karena mengandung lebih banyak protein, lemak sehat, lebih banyak serat, dibandingkan tepung terigu. Lemak dalam almond adalah lemak tak jenuh ganda yang dikenal sebagai lemak sehat. Protein dalam telpung almond berjumlah dua kali lipat dibandingkan protein yang terdapat dalam tepung terigu. Selain itu, almond adalah sumber asam lemak omega 6 dan vitamin D yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Tepung ini juga sangat cocok bagi mereka yang sedang menjalani diet karbohidrat, karena kandungan karbohidrat yang sangat rendah.Tepung KelapaTepung kelapa terbuat dari daging kelapa segar yang digiling halus lalu dikeringkan. Tepung kelapa dikenal sebagai tepung sehat karena memiliki banyak gizi seperti serat alami, protein, karbohidrat dan lemak. Dibandingkan tepung lainnya, tepung kelapa paling tinggi serat alaminya. Karbohidrat yang dimiliki tepung kelapa memiliki kalori yang rendah dan mudah dicerna oleh usus. Lemak dalam tepung beraroma harum ini adalah lemak jenuh yang  sehat, aman, tahan panas, dan tidak beracun bagi tubuh. Tidak hanya itu saja, tepung kelapa juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah sehingga mengurangi risiko diabetes.Tepung Beras MerahTepung beras merah terbuat dari beras merah yang memiliki tekstur yang mirip dengan tepung terigu, namun mengandung lebih banyak serat dan kandungan gizi lainnya. Tepung sehat yang satu ini memiliki banyak vitamin B, zat besi, dan mangan yakni mineral yang membantu pembentukan jaringan ikat dan tulang. Tepung beras merah merupakan pilihan yang pas bagi mereka yang baru mencoba tepung alternatif pengganti tepung terigu, karena tidak memiliki rasa dan aroma yang kuat. Tampilan tepung beras merah juga lebih menarik, sehingga dapat dijadikan bahan kue atau penganan yang istimewa.Tepung Gandum UtuhTepung gandum utuh terbuat dari biji gandum utuh (
whole wheat ) sehingga memiliki tampilan lebih kusam dan tekstur yang lebih kasar dibandingkan tepung terigu. Tepung sehat ini kaya akan kandungan gizi seperti serat, vitamin, mineral, kalsium, dan protein. Tepung gandum utuh juga memiliki kandungan gluten yang jauh lebih sedikit dibanding tepung terigu, sehingga baik untuk digunakan oleh mereka yang sedang menjalani diet glutenTepung QuinoaTepung quinoa terbuat dari biji quinoa. Quinoa adalah sejenis biji-bijian dari golongan serelia semu karena bijinya dihasilkan dari tumbuhan suku padi-padian. Sebelum diolah menjadi tepung, biji quinoa dikeringkan terlebih dahulu, untuk menghilangkan kadar saponin yang dapat membuat tepung menjadi pahit. Setelah diolah menjadi tepung pun kandungan nutrisinya tetap terjaga. Biji quinoa mengandung serat, protein, asam amino esensial tinggi, magnesium, kalsium, fosfor, dan zat besi. Quinoa juga memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga dapat menjaga kadar gula darah dan menjaga jantung tetap sehat.