Jokowi Ingin Almarhumah Ibu Ani Yudhoyono Sebagai Teladan

Presiden Jokowi Jadi Irup Pemakaman Jenazah Ani Yudhoyono
Presiden Jokowi Jadi Irup Pemakaman Jenazah Ani Yudhoyono (Foto : )

antvklik - Iring-iringan jenazah Ani Yudhoyono tiba di TMP Kalibata sekitar pukul 14.30 WIB. Upacara kenegaraan menghantarkan mendiang Bu Ani ke peristirahatan terakhir. Riwayat Hidup Ani Yudhoyono tak lupa dibacakan dalam upacara pemakaman tersebut.

Ani Kelahiran 6 Juli 1952 di Jogjakarta, merupakan anak ketiga dari Alm. Letnan Jenderal Sarwo Edi Wibowo. Kariernya menjadi Ibu Negara sejak 2004 mendampingi SBY, Presiden yang pertama kali dipilih langsung oleh rakyat.

Dalam kesempatan itu, Presiden Joko Widodo selaku inspektur upacara mendoakan agar almarhumah diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa. "Presiden Republik Indonesia atas nama negara, bangsa dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan ini mempersembahkan kepada persada ibu pertiwi jiwa raga dan jasa-jasa almarhumah, Hj Kritiani Yudhoyono jabatan ibu negara RI ke-6, putri dari bapak Letnan Jendral TNI Purn Sarwo Edi Wibodo Almarhumah.

Yang telah meninggal dunia demi kepentingan serta keluhuran bangsa pada hari Sabtu, tanggal 1 Juni pukul 11.50 waktu Singapura, di National Uiversity Hospital karena sakit," ucap Jokowi. "Semoga jalan dharma bakti yang ditempuhnya bisa jadi suritauladan bagi kita semua, dan arwahnya dapat tempat semestinya di alam baka," sambungnya.

SBY kemudian melakulan simbolis menutup makam dan tabur bunga untuk mendiang istri tercintanya.

Dalam kesempatan ini, hadir pula kedua putra Almarhumah Bu Ani dan SBY yakni Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edi Baskoro Yudhoyono (Ibas), Presiden ke tiga Habibie, Ketua Umum PDIP dan Presiden ke-5, Megawati Soekarnoputri, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala BIN Budi Gunawan, Ketua Kwartir Pramuka Nasional Budi Waseso, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, tokoh menteri kabinet Indonesia bersatu dan juga mantan menteri di era SBY. | Shandi March - Agam Wiftarenal | Jakarta |