Pemuka Islam Ukraina Buka Puasa Bersama di Wisma Duta RI Kyiv

Buka Puasa Bersama di Wisma Duta RI Ukraina di Kyiv
Buka Puasa Bersama di Wisma Duta RI Ukraina di Kyiv (Foto : )
Bulan suci Ramadhan, dalam suasana sejuk musim semi di Ukraina,  KBRI Kyiv menggelar iftar bersama pemuka Islam Ukraina di Wisma Duta yang merupakan kediaman Duta Besar RI Kyiv.
Mufti Ukraina, Shekh Ahmet Tamim beserta  pimpinan ulama Masjid Ar Rahma tiba di Wisma Duta pada pukul 20.00 disambut Dubes RI, Prof. Dr. Yuddy Chrisnandi dan isteri beserta seluruh jajaran pejabat KBRI dan staf.Sambil menunggu adzan, Dubes Yuddy dan Mufti berdiskusi tentang perkembangan umat Islam yang cepat yang membawa pesan damai dan harmoni.Umat Islam disini mayoritas adalah orang Ukraina asli yang masuk Islam yang terus meningkat sejak kemerdekaan. Shekh Ahmet Tamim mengapresiasi upaya-upaya yang dilakukan oleh Dubes RI dalam mempererat tali persaudaraan antar-sesama muslim di Ukraina dan mendekatkan persaudaraan muslim Ukraina dan Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia.Sementara itu, Dubes Yuddy memuji kegigihan Shekh Tamim dalam memperjuangkan kehidupan umat Islam di negara pecahan Uni Soviet ini. Menurut Prof. Dr. Yuddy Chrisnandi, perjuangan untuk mempertahankan dan meneruskan perkembangan kehidupan Islam di negeri ini jauh lebih berat daripada di Indonesia yang mayoritas penduduknya sudah berpenduduk Islam.[caption id="attachment_207556" align="alignnone" width="900"]
Duta Besar RI di Ukraina Prof Yuddy Chrisnandi bersama pemuka Islam Ukraina[/caption]Saat Adzan berkumandang, tepat pukul 20.30 waktu setempat, Dubes Yuddy mengajak para tamu untuk mencicipi es cendol, manisan buah, bubur, emping manis dan tak ketinggalan kurma. Acara dilanjutkan makan malam bersama dan tampak para tamu  menikmati suguhan yang dirancang oleh  KRT (kepala rumah Tangga)  selaku Chef Wisma Duta, Putu Mahayasa yang   menyiapkan hidangan atas arahan Dubes Yuddy.Para tamu diajak mencicipi lontong sayur, semur daging, sate ayam, sambel goreng printil, tahu goreng,  terlur balado, udang goreng tepung, dan buah-buahan.Pada akhir acara, sebelum meninggalkan Wisma Duta, Mufti Shek Ahmet Tamim sekali lagi menyampaikan terima kasihnya kepada Dubes RI selaku wakil pemerintah RI atas perhatian yang diberikan kepada umat muslim di Ukraina khususnya dalam upayanya memperkuat ukuwah Islamiah dan memupuk tali persaudaraan sesama umat muslim. (rel-KBRI Ukraina) Baca :

Kembangkan Tanaman Tropis, Ukraina Riset Tanaman Singkong Indonesia