Michael Bambang Hartono, Atlet Paling Senior di Asian Games

Michael Bambang Hartono, Atlet Paling Senior di Asian Games
Michael Bambang Hartono, Atlet Paling Senior di Asian Games (Foto : )

www.antvklik.com - Usia bukanlah sebuah halangann bagi Michael Bambang Hartono, atlet senior yang akan berlaga di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Bambang sapaan akrabnya akan berjuang sekuat tenaga untuk meraih medali bagi Indonesia di cabang olahraga bridge. Di usianya yang ke 78 tahun, Bambang menjadi atlet paling sepuh di ajang olahraga multi-event terbesar se Asia ini. 

Bisa dibilang perjalanan Bambang menggeluti olahraga bridge mungkin belum ada tandingannya di Indonesia. Hal ini berawal ketika ia berusia 6 tahun sekitar tahun 1947, saat itu orang tuanya sedang bermain bridge di rumah dan saat itu orang tuanya mengajak Bambang untuk bermain. Siapa sangka, semenjak saat itu Bambang mulai jatuh cinta pada olahraga ini.

"Awalnya, saya senang menonton orangtua main bridge di rumah. sampai tiba saatnya saya juga diajak main karena pemainnya kurang. Sejak saat itu, saya jatuh cinta dengan olahraga ini," kata Bambang saat mengenang perkenalannya dengan olahraga bridge. Pria yang menjabat Ketua Dewan Pembina PB GABSI periode 2014-2018 ini mengurai alasannya untuk terus berkiprah di olahraga bridge.

Pertama olahraga bridge bisa membentuk seseorang mengasah kemampuan dalam menganalisis lawan serta permainannya, "Bridge juga membuat kita bisa memetakan kekuatan dan kelemahan lawan. Di satu sisi, kita juga bisa belajar mengambil keputusan yang tepat dalam waktu yang relatif singkat," urai Bambang.  Bambang juga menambahkan bahwa permainan ini juga berguna di aspek-aspek lainnya," Dan ternyata, permainan bridge ini juga berguna di aspek-aspek yang lain, misalnya pekerjaan. Terbukti banyak orang hebat maniak bridge seperti Bill Gates, Deng Xiaoping dan lainnya," tambahnya.

Kegemaranya tersebut membuat pria kelahiran 2 Oktober 1941 ini masih terdaftar sebagai atlet nasional di cabang olahra bridge dengan mengoleksi banyak gelar juar baik di skala regional, nasional bahkan internasional. Misalnya saat PON 2012 lalu, Bambang bersama timnya berhasil meraih medali perunggu untuk bridge beregu putra.

sementara di kancah internasional, Bambang mendulang medali perak di kejuaraan World Brigde Championships untuk Piala Senior Bowl. Segudang pengalaman dan prestasinya di olahraga bridge ini, Bambang percaya bisa mengharumkan nama bangsa di ajang Asian Games 2018 mendatang. "Saya yakin, cabang olahra bridge bisa meyumbangkan dua emas nanti" tandas Bambang optimis.

Berikut daftar raih prestasi Michael Bambang Hartono :