NOC Indonesia: Asian Games 2023 Bahan Evaluasi Menuju Olimpiade Paris 2024

CdM Basuki Hadimuljono dan Raja Sapta Oktohari
CdM Basuki Hadimuljono dan Raja Sapta Oktohari (Foto : NOC Indonesia/Naif Al'as)

Antv – Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) menilai hasil Tim Indonesia di Asian Games 2022 Hangzhou perlu menjadi catatan bersama menuju Olimpiade Paris 2024. Organisasi olahraga nonpemerintah pimpinan Raja Sapta Oktohari ini menilai seluruh stakeholder dapat duduk bersama dan melakukan evaluasi guna perkembangan olahraga Indonesia.

Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari menjelaskan Tim Indonesia memiliki catatan, baik torehan impresif yang ditunjukkan oleh para atlet hingga bahan evaluasi yang perlu segera diperbaiki menuju Olimpiade Paris.

“Kita mendapat banyak referensi dari Asian Games untuk bahan evaluasi menuju Paris. Pulang dari sini, kita harus duduk bersama dan mengevaluasi perbaikan-perbaikan yang perlu kita lakukan. Olimpiade Paris tinggal satu tahun lagi dan kualifikasi sudah berjalan, kita harus mengoptimalkannya,” kata Okto, sapaan karib Raja Sapta.

Tim Indonesia menutup Asian Games Hangzhou dengan raihan 7 emas,11 perak, 18 perunggu. Dengan hasil tersebut, Merah Putih menduduki ranking 13 klasemen akhir.

Secara torehan keping emas yang diberikan Tim Indonesia, hasil Hangzhou menjadi yang terbaik sejak Asian Games digelar di luar Indonesia sejak 41 tahun terakhir. Pada Asian Games New Delhi 1982, Indonesia mendapat 4 keping emas, 4 perak, 7 perunggu. 

img_title
Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari. (Foto: NOC Indonesia/Naif Al'as)

Sementara secara peringkat, posisi Tim Indonesia lebih baik sejak 2002 di Busan Korea Utara. Kala itu Tim Indonesia menempati ranking 14.