youtube channel

Channels

Main Siang, Dilema Pesepakbola Muslim di Pekan Terakhir Liga Inggris

Main Siang, Dilema Pesepakbola Muslim di Pekan Terakhir Liga Inggris

Pekan terakhir Liga Inggris akan digelar Minggu 12 Mei 2019. Pertandingan berlangsung siang jelang sore, sebelum berbuka puasa. Tantangan ekstra pesepakbola muslim di fase krusial. Mohamed salah dan Mesut Ozil adalah andalan Liverpool dan Arsenal

antvklik.com - - Bulan Suci Ramadhan 2019 di Inggris hampir bersamaan waktunya dengan masa perpindahan musim semi ke musim panas. Matahari terbit sekitar pukul 05 00 pagi, dan akan tenggelam pukul 21 00 malam waktu Inggris. Sekadar membandingkan, dengan selisih waktu Indonesia dan Inggris sekitar 6 jam, berarti saat umat Islam di Inggris berbuka, Umat Islam di Indonesia, yang lebiih cepat 6 jam sedang bersiap sahur, karena sudah pukul 03 00 Wib dinihari. Durasi puasa di Inggris bisa mencapai kurang lebih 19 jam. Namun di musim semi matahari tidak terlalu terik. Suhu berkisar antara 10-15 derajat celcius.

Pertandingan pekan terakhir Liga Inggris musim ini, akan digelar di pekan awal Bulan Suci Ramadhan 2019. Hari Minggu, 12 Mei 2019. 10 Pertandingan akan dimainkan serentak di sore hari, pukul 15 00 Waktu Inggris, atau pukul 21 00 Wib di Indonesia. Matahari masih tinggi, selesai pertandingan pun belum masuk waktu buka puasa. Bahkan pukul 20 00 malam pun matahari belum sepenuhnya tenggelam di Inggris. Ini tentu akan jadi ujian ekstra buat para pesepakbola muslim di Liga Inggris yang jumlahnya cukup banyak, tersebar di sejumlah klub.

Jika pertandingan digelar malam hari, pukul 20 00 atau 21 00 malam, pemain masih bisa berbuka disela pertandingan. “Jam-Jam Ngabuburit” jika di Indonesia. Seperti yang dilakukan pemain Ajax, Noussair Mazraoui dan Hakim Ziyech saat timnya bertanding melawan Tottenham Hotspur di semifinal Liga Champions lalu. Hal serupa pernah dilakukan pemain Liverpool Mohamed Salah dan Sadio Mane, saat Liverpool main malam, di Liga Inggris atau Liga Champions.

Sejumlah pemain dan petinggi klub tak mempermasahkan situasi ini. Sepakbola adalah pekerjaan profesi, puasa adalah bagian dari ibadah. Jika kuat akan dijalani, jika tak memungkinkan bisa diganti di lain hari. “Saya menghormati pilihan pemain, mereka mengerti dan bertanggung jawab. Selama ini tidak pernah ada masalah soal ini,” komentar Manajer Liverpool Jurgen Klopp. Di Skuad Liverpool ada beberapa pemain muslim yang dikenal cukup taat dan popular di Inggris, seperti Mohamed Salah, Sadio Mane, Naby Keita, dan Xherdan Shakiri.

Pemain Arsenal, Shkodran Mustafi mengatakan sebagai muslim, ia selalu berusaha menjaga ketentuan-ketentuan dalam Islam. Namun jika dihadapkan pada situasi yang sulit dihindari agama pun memberikan solusi dan ketentuan. “Selama ini semua berjalan dengan baik, tidak ada masalah,” Selain Mustafi, Arsenal juga memiliki pemain muslim lain seperi Mohamed Elneny, Mesut Ozil, Sead Kolasinac, dan Granit Xhaka. Di Chelsea ada Kante dan Antonio Rudiger. Di Tottenham ada M Sissoko dan Serge Aurier.

pesepakbola muslim liga inggris Pemain Arsenal asal Jerman keturunan Albania, Shkodran Mustafi, selalu berusaha menjaga keseimbangan harmoni antara sepakbola dan ketentuan syariat agama Islam.

Beberapa pemain tampaknya akan melihat kesiapan, situsi dan kondisi, fisik mereka saat bermain nanti.Apakah akan bermain full menjadi, starter, atau super subs tergantung strategi tim. Beberapa pemain seperti Sadio Mane dan Mustafi misalnya, sudah biasa menyiasati antara puasa dan bermain sepakbola.

“Saya sudah terbiasa menghadapi situasi seperti ini, dan sejauh ini tidak ada masalah. Saling mendukung,” ujar Mane.

pesepakbola muslim liga inggris Duet penyerang Liverpool, Sadio Mane dan Mohamed Salah selalu mengekspresikan selebrasi gol dengan bersujud syukur di lapangan.

Mohamed Salah Pulih di Pekan Panas Yang Menentukan

“Final” Liga Inggris, yang akan digelar Minggu (12/5) memang akan sangat menentukan. Manchester City akan mempertahankan gelar juara, jika menang melawan Brighton. Jika mereka seri apalagi kalah, mahkota juara bisa direbut Liverpool, dengan catatan The Reds menang saat menjamu Wolverhampton. Di skuad juga Manchester City terdapat sejumlah pemain muslim seperti Ilkay Gundokan, Benjamin Mendy, dan Riyad Mahrez.

pesepakbola muslim liga inggris Suasana sebuah masjid di Inggris di bulan Ramadhan 2019.

“Kami fokus ingin menang, dan tidak memikirkan apapun hasil pertandingan Liverpool. Saya pikir itu semangat dan tanggung jawab para pemain,” ujarGuardiola. Sementara itu manajer Liverpool Jurgen Klopp berharap aka nada keajaiban atau "mukjizat" kedua setelah menyingkirkan Barcelona di Liga Champions lalu. Membalik kekalahan 0-3 menjadi kemenangan 4-0 yang sekilas sulit terwujud.

“Tugas kami adalah bermain maksimal dan total, selebihnya selalu ada kemungkinan, itu yang harus diperjuangkan,” tekadnya. Jelang laga ini, Liverpool mendapat kabar dengan pulihnya, penyerang sayap, Mohamed salah dari cedera benturan kepala. Namun Firmino belum bisa dimainkan. Kehadiran Salah, akan menambah energy sekaligus opsi strategi.

Selain akan menentukan juara, pekan terakhir Liga Inggris, juga akan menentukan komposisi 4 tim teratas yang bakal dapat jatah kuota ke Liga Champions musim depan dan peringkat 5-6 ke Liga Europa. Chelsea, sudah aman di zona Champions, namun bisa bertahan gi posisi tiga jika menang melawan Leicester, sementara Tottenham Hotspur kalah dari Everton. Dengan demikan Spurs berada di posisi empat dan akan menjalani Liga Champions musim depa dari fase kualifikasi jika mereka gagal di final musim ini.

Situasi bisa makin panas jika Arsenal menang atas Burnley dengan selisih gol bisa menggeser Tottenham. Namun skenario ini sangat berat.

pesepakbola muslim liga inggris Pekan penentuan juara Liga Inggris 2018-2019, Berkah buat Manchester City Atau Mukjizat Buat Liverpool

Jadwal Liga Ingris Minggu (12/) - Pukul 21.00 WIB

Brighton vs Manchester City

Liverpool vs Wolverhampton Wanderers

Burnley vs Arsenal


  1. Palace vs Bournemouth

Fulham vs Newcastle United

Leicester vs Chelsea

Manc. United vs Cardiff

Southampton vs Huddersfield Town

Tottenham vs Everton

Watford vs West Ham United

Klasemen Sementara Liga Inggris :


  1. Manc City 37-31-2-4-91-22-95

  2. Liverpool 37-29-7-1-87-22-94

  3. Chelsea 37-21-8-8-63-39-71

  4. Tottenham 37-23-1-13-65-37-70

  5. Arsenal 37-20-7-10-70-50-67

  6. Manc United 37-19-9-9-65-52-66


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments