5 Cara Mencegah Penuruan Kolagen sebelum usia 40-an, Bikin Cantik Abadi

Ilustrasi perawatan kulit
Ilustrasi perawatan kulit (Foto : Dr's Clinique)

AntvKolagen adalah protein penting yang berperan dalam menjaga kekencangan dan kelembutan kulit. Sayangnya, produksi kolagen di dalam tubuh cenderung menurun seiring bertambahnya usia, khususnya setelah mencapai usia 40-an. 

Penurunan kolagen ini dapat menyebabkan kulit menjadi kendur, kering, dan munculnya garis-garis halus serta keriput. Namun, Anda tidak perlu khawatir! Dengan langkah-langkah yang tepat Anda dapat mencegah penurunan kolagen ini dan menjaga kulit tetap sehat dan muda.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah penurunan kolagen sebelum usia 40-an dari Dr's Clinique:

1. Jaga Pola Makan Sehat

Konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin E, selenium, dan zinc. Makanan seperti buah-buahan segar, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan ikan berlemak dapat membantu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh.

2. Lindungi Kulit dari Paparan Matahari

Sinar UV dapat merusak kolagen di kulit. Selalu gunakan tabir surya dengan SPF yang cukup tinggi saat Anda beraktivitas di luar ruangan. Jangan lupa untuk melindungi kulit dengan menggunakan topi, kacamata hitam, atau pakaian yang menutupi area yang rentan terhadap paparan sinar matahari