Penuh Khasiat, Ini 20 Manfaat Selada bagi Kesehatan Tubuh, Kulit, dan Rambut

Ilustrasi selada
Ilustrasi selada (Foto : Pexels/Kai Pilger)

AntvSelada menjadi salah satu sayuran berdaun yang paling banyak dikonsumsi. Kamu bahkan bisa menemukan sayuran ini di makanan sehat hingga junk food.

ANTV Lovers, selada mengandung banyak nutrisi yang sangat penting bagi tubuh kita. Karenanya, penting untuk menambahkan sayuran ini di pola makan kita.

Selada dikemas dengan vitamin, mineral, dan senyawa kimia seperti karotenoid, flavonoid, kelompok vitamin B, asam fenolik, tokoferol, asam askorbat, dll yang mungkin bermanfaat bagi tubuh dan kesehatan secara keseluruhan.

Lalu, sebenarnya apa saja manfaat selada? Berikut artikelnya, dikutip dari Pinkvilla pada Jumat, 5 Mei 2023.

1. Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

img_title
Pencegahan sakit jantung. (Foto: Freepik/freepik)

Daun selada dikemas dengan vitamin C yang dapat membantu mengurangi kekakuan arteri dan mengobati penyakit kardiovaskular.

Berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi selada dapat memperkuat arteri di jantung Anda dan mungkin bermanfaat dalam mencegah serangan jantung.

Selain itu, salah satu manfaat selada yang paling penting adalah mengandung asam folat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

2. Dapat Membantu Melawan Peradangan 

img_title
Mengenal Peradangan Sendi, Penyebab dan Cara Mengobatinya. (Foto: )

Menurut sebuah penelitian di Iran, selada berasal dari famili Compositae. Benih tanaman ini telah digunakan untuk meredakan peradangan dan osteodynia, yang mengacu pada rasa sakit pada tulang.

Selain itu, adanya protein tertentu dalam selada seperti lipoksigenase mungkin bermanfaat dalam mengendalikan dan melawan peradangan.

Penelitian juga menyatakan bahwa vitamin A, E, C, dan K dalam selada dapat membantu menurunkan peradangan di tubuh.

3. Dapat Meningkatkan Kesehatan Otak

img_title
Ilustrasi otak. (Foto: Pexels/Anna Shvets)

Terlalu banyak kerusakan pada otak dapat menyebabkan kematian sel-sel saraf yang berujung pada penyakit otak fatal seperti Alzheimer. 

Menurut penelitian, ekstrak yang ditemukan dalam selada memainkan peran penting dalam mengatur kekurangan glukosa dalam tubuh dan mencegah kematian saraf.

Oleh karena itu, menambahkan selada ke dalam makanan dapat membantu mencegah gangguan otak.

4. Dapat Membantu Mempromosikan Penurunan Berat Badan 

img_title
Ilustrasi berat badan. (Foto: Pexels/Ketut Subiyanto)

Makan selada setiap hari mungkin merupakan pilihan ideal untuk membantu menurunkan berat badan karena kandungan kalori di dalamnya.

Studi menunjukkan bahwa selada memiliki kandungan air yang tinggi dan rendah kalori. Selada juga pembangkit nutrisi penting yang menjadikannya makanan sempurna untuk menurunkan berat badan dan menyehatkan tubuh. 

5. Membantu Meningkatkan Kekebalan Tubuh 

img_title
Ilustrasi kesehatan. (Foto: pexels/Vlada Karpovich)

Karena selada dikemas dengan nutrisi, vitamin, dan mineral yang kaya; satu manfaat luar biasa dari selada adalah dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. 

Menurut penelitian, selada dikemas dengan karotenoid, flavonoid, kelompok vitamin B, asam fenolik, tokoferol, asam askorbat, dll. yang mungkin bermanfaat bagi tubuh dan kesehatan secara keseluruhan.

6. Membantu Mengobati Insomnia

img_title
Ilustrasi pria. (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)
 

Studi mengklaim bahwa selada mengandung zat yang disebut lactucarium, yang dapat membantu menenangkan sistem saraf Anda meningkatkan kualitas tidur. 

Oleh karena itu, disarankan untuk memasukkan daun selada ke dalam makan malam karena dapat membuatmu tidur lebih nyenyak

7. Dapat Meningkatkan Kesehatan Tulang 

img_title
Ilustrasi olahraga. (Foto: Istimewa)

Selada kaya akan vitamin seperti A, K, dan C. Ketiga vitamin ini sangat penting dalam produksi kolagen, yaitu langkah pertama dalam proses pembentukan tulang. 

Vitamin K membantu memodulasi metabolisme tulang, bekerja pada kepadatan tulang, dan membangun tulang rawan dan jaringan ikat di tubuh. 

Lalu ada vitamin A membantu perkembangan sel tulang baru, sedangkan vitamin C memerangi penipisan tulang yang merupakan salah satu faktor terbesar dalam penuaan.

8. Dapat Membantu Menurunkan Risiko Kanker

img_title
Ilustrasi perempuan - kesehatan. (Foto: Pexels/Antoni Shkraba)

Menurut penelitian Jepang, sifat antioksidan bersama dengan unsur nutrisi lainnya dalam selada dapat membantu menurunkan risiko kanker. 

9. Selada Membantu Tetap Terhidrasi 

img_title
Ilustrasi perempuan - kesehatan. (Foto: Pexels/Pixabay)

Menyantap selada secara teratur dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi secara alami dan mudah. 

Menurut penelitian, selada memiliki kandungan air yang tinggi dan juga rendah kalori. Oleh karena itu, makan selada dalam makanan sehari-hari mungkin menjai pengganti air yang baik untuk membuatmu tetap bergizi dan terhidrasi.

10. Membantu Mengobati Anemia 

img_title
Anemia. (Foto: Freepik)

Dengan adanya folat, mengkonsumsi selada mungkin bermanfaat karena akan menghilangkan kekurangan folat yang dapat menyebabkan beberapa bentuk anemia.

Menurut penelitian, folat juga dapat membantu memerangi anemia megaloblastic, di mana sel darah tampak sangat besar dan kurang berkembang.

Tak hanya itu, diketahui dalam satu penelitian bahwa makan selada mungkin efektif dalam pengobatan anemia defisiensi vitamin B12.

11. Dapat Membantu Mengurangi Risiko Diabetes 

Menurut penelitian, selada mengandung senyawa kimia bernama Lactucaxanthin yang merupakan karotenoid anti diabetes. 

Saat elemen ini memasuki aliran darah, itu mungkin bermanfaat bagi tubuh karena menurunkan kadar glukosa darah dan mungkin menjadi pengobatan yang potensial untuk mengobati diabetes.

12. Dapat Meningkatkan Kekuatan Otot

img_title
Ilustrasi pria. (Foto: The Lazy Artist Gallery)

Manfaat selada mungkin juga memiliki peran penting dalam meningkatkan kekuatan otot.

Sayuran ini mengandung banyak nitrat yang diketahui dapat meningkatkan kapasitas dalam olahraga. Oleh karena itu, makan selada dapat membantu meningkatkan kekuatan otot.

13. Dapat Membantu Meningkatkan Penglihatan 

img_title
Ilustrasi mata. (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

Salah satu manfaat signifikan dari makan selada romaine adalah dapat membantu meningkatkan penglihatan. 

Studi menyatakan bahwa selada mengandung unsur-unsur seperti zeaxanthin yang merupakan antioksidan yang dapat meningkatkan penglihatan. 

Senyawa kimia ini juga telah terbukti melawan degenerasi makula terkait usia. 

Sumber sayuran hijau tua seperti selada mengandung lutein dan zeaxanthin, yang dapat membantu meningkatkan penglihatan yang baik. 

Selanjutnya, penelitian lain telah membuktikan bahwa kedua senyawa kimia ini memainkan peran penting dalam meningkatkan penglihatan, meningkatkan kesehatan mata, dan melawan katarak, serta bentuk penyakit mata lainnya.

14. Dapat Membantu Meningkatkan Metabolisme 

img_title
Ilustrasi pria. (Foto: Freepik/cookie_studio)

Menurut penelitian, mengonsumsi selada secara teratur mungkin memiliki efek menguntungkan pada metabolisme lipid dan oksidasi jaringan tubuh. 

Pada akhirnya, hal ini dapat menjadi faktor positif dalam meningkatkan metabolisme dan melindungi manusia dari penyakit kardiovaskular.

15. Dapat Menurunkan Risiko Cacat Lahir

img_title
ilustrasi bayi. (Foto: )

Manfaat kesehatan dari selada juga dapat membantu wanita hamil untuk merasa nyaman. 

Menurut penelitian, selada kaya akan folat yang dapat membantu mengurangi risiko cacat lahir. Selanjutnya, kekurangan vitamin K selama kehamilan dapat menyebabkan perdarahan. 

Meskipun mengambil suntikan vitamin K dianjurkan untuk mencegah hal ini, mengonsumsi makanan yang kaya vitamin K juga dapat membantu. 

Oleh karena itu, karena selada mengandung vitamin K, sayuran ini dapat membantu melawan pendarahan yang tidak terduga ini.

16. Dapat Meningkatkan Kesehatan Kulit 

img_title
Ilustrasi kulit. (Foto: Pixabay)

Menurut penelitian, jus selada bermanfaat dalam meningkatkan penampilan dan kesehatan kulit. 

Selada mengandung polifenol yang mungkin memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, antijamur, dan antivirus yang mungkin bermanfaat bagi kulit. 

Sifat-sifat ini dapat meredakan iritasi, mengurangi kemerahan, meningkatkan elastisitas, menghaluskan, dan melembabkan kulit.

17. Dapat Merangsang Pertumbuhan Rambut

img_title
Ilustrasi rambut. (Foto: Pexels/Bennie Lukas Bester)

Pengalaman dan bukti anekdot menyatakan bahwa minum jus selada secara teratur mungkin bermanfaat untuk rambut. 

Karena adanya vitamin esensial, mineral, dan senyawa kimia lainnya, mengonsumsi jus selada dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan menjaga kesehatan rambut dalam jangka panjang.

18. Dapat Membantu Merevitalisasi Kulit  

img_title
Ilustrasi perempuan. (Foto: Freepik/kroshka__nastya)

Daun selada kaya akan nutrisi seperti vitamin A yang mungkin bermanfaat untuk kesehatan kulit. 

Menurut penelitian, saat vitamin A memasuki aliran darah, ia diserap sebagai retinol yang pada akhirnya dapat meningkatkan pergantian sel dalam tubuh, membuat kulit segar dan bercahaya.

Selain itu, sifat antioksidan selada membantu melawan radikal bebas dan menjaga kesehatan kulit.

19. Dapat Membantu Mengatur Tingkat Tekanan Darah

img_title
Ilustrasi pemeriksaan tekanan darah. (Foto: Freepik/ freepik)

Daun hijau selada diperkaya dengan potasium atau vitamin K yang mungkin berdampak positif pada tekanan dan aliran darah. 

Menurut penelitian, asupan kalium dalam makanan dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi darah. 

Selain itu, ini mungkin juga membantu mengurangi komplikasi sistem organ seperti stroke tak terduga dan lebih banyak lagi.

20. Selada Memberi Tubuh Mikro-Mineral Vital Dan Nutrisi Lainnya 

img_title
Ilustrasi pria. (Foto: Freepik/lookstudio)

Selada kaya akan vitamin, mineral, dan senyawa kimia yang dapat menyehatkan tubuh. 

Studi menunjukkan bahwa selada dikemas dengan vitamin, mineral, dan senyawa kimia seperti karotenoid, flavonoid, kelompok vitamin B, asam fenolik, tokoferol, asam askorbat, dll. yang mungkin bermanfaat bagi tubuh dan kesehatan. 

Menurut bukti anekdot, kehadiran unsur-unsur seperti silikon, fosfor, dan belerang dalam daun selada mungkin bermanfaat dalam menjaga kesehatan rambut, kulit, dan kuku.