Usai Divonis Kanker Sarkoma, Alice Norin: Aku akan Menopause Dini

Usai Divonis Kanker Sarkoma, Alice Norin: Aku akan Menopause Dini
Usai Divonis Kanker Sarkoma, Alice Norin: Aku akan Menopause Dini (Foto : Instagram @alicenorin)

Antv – Alice Norin menceritakan perjuangan melawan kanker sarkoma, sebuah jenis kanker langka yang berkembang di otot rahim. Hal itu disampaikan melalui postingan di Instagram pribadinya, Jumat, 16 Februari 2024.

Alice Norin juga mengungkapkan jika tepat dua bulan lalu, 16 Desember 2024 dirinya menjalani operasi besar.

Alice Norin menceritakan pada Agustus 2023 dirinya merasa sakit di bagian perut bawah. Namun saat itu dokter hanya menemukan adanya miom yang tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

"Singkat cerita aku sering ngalamin sakit di bagian perut bawah dari Agustus 2023 dan ketahuan kalau memang aku ada miom yang menurut dokter sih kalau gak menganggu gak usah dioperasi," kata Alice Norin melalui postingan video di Instagramnya.

Tetapi tiba-tiba pada Desember 2023, Alice kembali mengalami sakit yang tak tertahankan, dan setelah pemeriksaan lebih lanjut, didiagnosis adanya kemungkinan kanker sarkoma.

"Pas dicek dokter A, kita sebut lah nama dokternya dokter A, beliau diam lama sampai akhirnya dia nanya, 'Bu Alice maaf, ada riwayat cancer?' Itu aku sama suami diam lama sampai gak tahu mesti ngomong apa, akhirnya aku bilang pelan-pelan, 'Iya Almarhum mama aku meninggal karena cancer, kenapa emangnya dok?" kata Alice.

"Beliau baru jelasin miomnya ini sekitar 6 Cm besarnya dan ini ada pembuluh darah di deket miom harusnya tuh gak ada dan ini bisa menandakan keganasan," tambahnya.

Meskipun awalnya terkejut dan cemas, Alice tetap menghadapi proses pengobatan yang dianjurkan dokter. Ia menjalani operasi besar pada 16 Desember 2023, yang mengharuskannya untuk mengeluarkan organ reproduksi dan kelenjar belakangnya untuk menghentikan kemungkinan penyebaran kanker.

"Karena setelah miom dibiopsi, jika ganas semua organ reproduksi dan dua kelenjar belakang itu harus dikeluarkan untuk stop adanya kemungkinan cancer-nya menyebar. Artinya aku akan menopause dini dan sudah pasti tidak bisa punya anak lagi," ucap Alice.

"Kita akhirnya menjadwalkan operasi besar di Sabtu 16 Desember, berarti kan tinggal tiga hari lagi ya, aku sama suami tuh udah kayak nggak dikasih waktu buat cerna, 'ini beneran?'" tambahnya.



Alice Norin belum menceritakan kembali seperti apa kondisinya setelah menjalani operasi besar.

Namun, kita semua berharap Alice bisa segera diberikan kesembuhan. Untuk mengetahui informasi dunia kesehatan dari petugas medis berpengalaman saksikan dan dengarkan Kata Dokter di YouTube, Instagram, TikTok, dan Spotify.