Wisata Malam Yogyakarta: Menikmati Sendratari Gatotkaca di Kawasan Malioboro

Sendratari Gatotkaca karya Anter Asmorotedjo di Malioboro
Sendratari Gatotkaca karya Anter Asmorotedjo di Malioboro (Foto : Antvklik | Nuryanto/Yogyakarta)

Antv –Cerita dari Epos Mahabarata, yang mengisahkan lakon Gatotkaca, dikemas apik menjadi sendratari di kawasan Jalan Malioboro, Rabu malam (1/3/23).

Bertempat di lantai tiga Hamzah Batik Malioboro, pertunjukan karya Anter Asmorotedjo ini, baru pertama kali disuguhkan bagi wisatawan.

Sorot lampu tak henti, bergantian menyinari aksi para seniman yang tampil begitu heroik di atas panggung. 

Penonton pun tak dapat menyembunyikan kekagumannya pada Gatotkaca, sosok ksatria pemberani yang perkasa, memporak-porandakan lawan-lawannya.

"Kisah ini menceritakan sosok pandawa yang bernama Tetuka atau kemudian dikenal namanya Gatotkaca yang menjadi pembela kebenaran dan negaranya. Ia adalah Ksatria sakti mandraguna yg sejak kecil terpilih menjadi senopati para Dewa. Ia ksatria sejati pembela kebenaran, yang selalu menjadi yang terdepan dalam membela negara," ungkap Anter.

 

img_title
Sendratari Gatotkaca karya Anter Asmorotedjo di Malioboro. (Foto: Antvklik | Nuryanto/Yogyakarta)

 

Menurut Anter, geliat budaya seakan menjadi nafas bagi warga masyarakat Kota Yogyakarta, dimana tiap jengkalnya mengandung daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang singgah.

Tidak terkecuali di kawasan Malioboro, yang sudah dicanangkan menjadi sebuah galeri seni dan budaya terpanjang di seantero dunia.

Suguhan demi suguhan, tidak henti-hentinya hadir menghibur para pelancong di Malioboro, termasuk di dalamnya sajian sendratari Gatotkaca.

Sendratari Gatotkaca digelar bertepatan dengan HUT ke-44 Hamzah Batik Malioboro. Sajian malam di kawasan Malioboro ini, dapat dinikmati setiap Rabu malam pukul 19.00-20.30 WIB, dengan banderol tiket Rp40-60 ribu saja.

Secara garis besar, sendratari Gatotkaca mengisahkan sebuah legenda bersumber dari Epos Mahabharata yang mengangkat tokoh Gatotkaca.