Haru Biru, 7 Rekomendasi Film Romantis Jepang Terbaik Sepanjang Masa

Film romantis Jepang My Tomorrow Your Yesterday
Film romantis Jepang My Tomorrow Your Yesterday (Foto : IMDb)

Antv – Meski terkenal dengan manga dan animenya, ada banyak film romantis Jepang yang siap membuat para penonton terbawa perasaan bahkan hingga menangis lantaran kisahnya yang haru biru.

Film romantis Jepang sangat cocok untuk ditonton saat kamu memiliki waktu luang ataupun sedang galau karena patah hati. Dengan menonton film Jepang ini, kamu bisa terhibur dan mengambil nilai-nilai yang dapat kamu terapkan untuk mengobati luka hatimu.

Jika kamu sedang mencari film romantis namun bosan dengan film Korea, kamu dapat memasukkan deretan film romantis Jepang yang akan kami rangkum khusus untukmu.

Berikut ini deretan film romantis Jepang terbaik sepanjang masa yang telah kami rangkum untukmu dari berbagai sumber.

My Tomorrow, Your Yesterday

img_title
My Tomorrow Your Yesterday. (Foto: IMDb)

Film romantis Jepang pertama yang patut untuk ditonton adalah My Tomorrow, Your Yesterday. Film yang satu ini menyuguhkan jalan cerita yang unik.

Film bergenre semi-fantasi ini menyuguhkan cerita tentang perjalanan waktu atau time travel. Meski demikian, film yang dirilis pada tahun 2016 ini juga mengangkat cerita cinta yang tidak biasa.

Film yang memiliki judul Jepang Boku wa Ashita, Kino no Kimi to Deto Suru ini mengisahkan tentang jalinan cinta Takatoshi (Sota Fukushi) dan Emi (Nana Komatsu).

Cinta mereka tumbuh pada pertemuan pertema mereka. Takatoshi dan Emi bertemu di kereta pada sebuah perjalanan.

Pada saat bertemu untuk pertama kali, Takatoshi menganggap Emi adalah orang yang aneh. Sebab, Emi seolah bisa memprediksi segala sesuatu tentang masa depan mereka.

Ternyata, hal itu bukan disebabkan karena Emi memiliki kekuatan gaib, melainkan karena mereka berdua mereka memiliki garis waktu yang berbeda dan saling berkebalikan.

My Tomorrow, Your Yesterday memberikan sentuhan baru pada genre film romantis. Jika kamu hendak menonton film ini, bersiaplah dengan akhir kisah dua tokoh dalam film ini ya!

1.778 Stories of Me and My Wife

img_title
1778 Stories of Me and My Wife. (Foto: IMDb)

Film Jepang romantis yang memiliki judul lain Boku To Tsuma No 1.778 No Monogatari ini dirilis pada tahun 2011 dan diangkat dari kisah nyata penulis fantasi bernama Tau Mayamura.

Film ini mengisahkan tentang penulis novel fantasi Sakutari (Tsuyoshi Kusanagi) dan pegawai bank Setsuko (Yuko Takeuchi).

Mereka berdua bertemu pertama kali sebagai siswa baru di sebuah sekolah menengah selama liburan musim panas.

Sejak saat itu, mereka berdua selalu bersama dan memutuskan untuk berkencan dan akhirnya berakhir dengan menikah.

Pada suatu hari, Sestuko mengeluh sakit perut dan dirawat di rumah sakit. Sakutaro kemudian mengetahui bahwa istrinya menderita kanker usus besar.

Sakutaro mengikuti nasihat dokternya bahwa tertawa membantu sistem kekebalan tubuh dan mulai menulis cerpen untuk istrinya setiap hari.

Mulanya, Setsuko disebutkan hanya memiliki sisa hidup 1 tahun lagi. Tetapi dia ternyata hidup selama 5 tahun lebih lama dan Sakutaro akhirnya menuliskan 1.778 cerita pendek untuk istrinya.

Jika kamu menonton film ini, maka selama dua jam kamu akan disuguhkan dengan jalan cerita yang dapat membuat perasaanmu roller coaster. Dan jangan lupa siapkan tisu ya!

Norwegian Wood

img_title
Norwegian Wood. (Foto: IMDb)

Film romantis Jepang selanjutnya yang wajib ditonton adalah Norwegian Wood. Jika kamu merasa familiar dengan judul film ini, maka tepat sekali. Film ini merupakan adapatasi dari novel karya Haruki Murakami.

Film yang berlatar tahun 1960-an di Jepang ini mengeksplorasi hubungan antara pelajar bernama Toru Watanabe dengan dua wanita, yaitu Naoko dan Midori.

Ketika menonton film ini, kamu akan disuguhkan dengan alur yang menggugah tentang masa muda, kehilangan, kehilangan, dan cinta yang mulai tumbuh.

Film yang dibintangi oleh Kenichi Matsuyama, Rinko Kikuchi, dan aktris sekaligus model Jepang populer yaitu Kiko Mizuhara.

Tak hanya jalan cerita yang menarik dan kemampuan para aktor dan aktris yang luar biasa, pengambilan gambar dalam film ini juga sangat indah dan memanjakan mata.

Orange

 

img_title
Orange. (Foto: IMDb) 

Rekomendasi film romantis Jepang yang selanjutnya adalah Orange. Film yang dirilis pada tahun 2015 ini dibintangi oleh aktor Jepang papan atas seperti Kento Yamazaki, Tao Tsuchiya, Ryo Ryusei, dan lain-lain.

Film yang memiliki judul Jepang Orenji ini diangkat dari serial manga slice-of-life populer di Jepang dengan judul yang sama.

Meski menawarkan jalan cerita yang cukup klise, film yang satu ini mampu menghangatkan hati para penonton dengan kisah asmara dan persahabatan yang sangat relate dengan kehidupan.

Tokoh utama dalam film tersebut adalah seorang siswa SMA berusia 16 tahun bersama Naho Takamiya (Tao Tsuchiya) yang menerima surat dari dirinya di masa depan.

Berkat surat itu, ia pun memberanikan diri untuk berinteraksi dengan teman-teman sekelasnya dan akhirnya membentuk jalinan persahabatan yang sangat erat.

Suatu ketika ada seorang siswa pindahan dari Tokyo bernama Kakeru Naruse (Kento Yamazaki). Kehadiran Kakeru pun rupanya telah disebutkan dalam surat yang ia terima dari dirinya di masa depan.

Kakeru akhirnya bersahabat dengan Naho dan teman-teman yang lain, seperti Hiroto Suwa, Takako Chino, Saku Hagita, dan Azusa Murasaka. Di sisi lain, benih-benih cinta pun mulai tumbuh di hati Naho dan Kakeru.

Lantas, apa lagi yang akan diprediksi dalam surat yang Naho terima dari dirinya di masa depan? Akankah cinta Naho dan Kakeru akan berakhir bahagia? Saksikan kisah selengkapnya di film Orange, ya!

The 100th Love with You (Kimi to Kaime no Koi)

img_title
The 100th Love With You. (Foto: IMDb)

 

Bagi kamu yang menyukai drama musikal, maka kamu mungkin akan menyukai film romantis Jepang yang satu ini, yaitu The 100th Love with You atau Kimi to Kaime no Koi.

Film ini memasangkan Miwa, seorang penyanyi Jepang dan Kentaro Sakaguchi, model terkenal di Jepang.

Dalam film ini, keduanya berperan sebagai mahasiswa bernama Aoi dan Riku. Mereka tergabung dalam sebuah band kampus.

Pada suatu ketika, Riku mengaku pada Aoi kalau dirinya bisa melakukan time travel. Sementara itu, tanpa di sadari mereka saling memendam perasaan satu sama lain.

Perasaan itu muncul saat mereka memutar waktu satu tahun sebelumnya. Sayangnya, mereka sama-sama tidak berani untuk mengungkapkan perasaan.

Heavenly Forest

 

img_title
Heavenly Forest. (Foto: IMDb)

 

Heavenly Forest merupakan salah satu film romantis Jepang yang sayang untuk dilewatkan. Film ini menceritakan kisah cinta dari sudut pandang yang artistik.

Film yang dirilis pada tahun 2006 ini berpusat pada kehidupan mahasiswa Makoto dan hubungannya dengan dua orang gadis, yaitu Shizuru dan Miyuki.

Persahabatan yang terjalin antara Makoto dan Shizuru terjadi karena keduanya tertarik dengan fotografi dan mereka sering pergi ke hutan untuk mencari objek foto.

Sampai akhirnya hadirlah Miyuki dalam kehidupan Makoto. Shizuru yang diam-diam menyukai Makoto pun mencoba berlapang dada. 

Hingga tiba hari ulang tahun Shizuru dan ia pun membuat birth day wish yaitu mencium Makoto.

One Week Friends (Isshukan Furenzu)

img_title
One Week Friends. (Foto: IMDb)

Film Jepang yang diadaptasi dari manga ini bercerita tentang persahabatan antara Yuki Hase dan Kaori Fujimiya. 

Kaori dikisahkan menderita penyakit langka, di mana ia mengalami amnesia atau hilang ingatan setiap hari Senin. 

Uniknya, memori Kori hanya bilang bila menyangkut orang lain, selain kedua orang tuanya.

Tertantang dengan hal itu, Yuki pun bertekad untuk tetap berteman dan mengenal lebih jauh dengan Kaori. Meski ia tahu mungkin Kaori akan melupakannya seminggu kemudian.

Akan seperti apakah kisah cinta mereka? Tonton kisah selengkapnya di film One Week Friends ya!