Curug Maribaya, Wisata Indah di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Curug Maribaya
Curug Maribaya (Foto : Instagram @jelajah_jabar2)

Antv – Curug Maribaya merupakan salah satu dari sekian banyak destinasi yang ada di Bandung. Curug yang satu ini rasanya sangat wajib untuk kamu kunjungi terlebih bagi yang sangat menyukai alam.

Sebab, curug ini memiliki nuansa nyaman dan pemandangan yang sungguh menakjubkan, tentunya dapat memanjakan mata para pengunjungnya dengan segala pesona yang ada.

 

Curug ini merupakan kawasan wisata alam yang dulunya dikenal dengan pemandian air panasnya. Akan tetapi, saat ini yang paling dikenal merupakan adanya curug atau air terjun yang beberapa tempat di lokasi  tersebut.

Curug Maribaya ini tepat berada di kampung Cikondang Lamajang Pangalengan, Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Tempat ini pun bisa kamu kunjungi, sebab menawarkan keindahan alam yang dapat menyejukkan jiwa dan pikiran bagi para wisatawan yang melancong ke tempat ini, baik itu yang berasal dari dalam atau luar Bandung.

Bagi kamu yang punya rencana untuk pergi ke Kota Bandung atau hanya ingin menikmati beberapa tempat wisatanya, maka rasanya kamu wajib untuk datang ke destinasi yang satu ini.

Daya Tarik Curug Maribaya

img_title
Curug Maribaya. (Foto: Instagram @rabyagustin)

Saat kamu mengunjungi Curug Maribaya yang berlokasi tepat di Kabupaten Bandung Barat ini, maka kamu akan menemukan dua aliran sungai yaitu Sungai Cikawari dan Sungai Cigulung.

Dua sungai di Kawasan ini, kamu bisa menemukan tiga curug atau air terjun, yakni Curug Cikoleang, Curug Cigulung, dan Curug Cikawari. Curug yang banyak diminati wisatawan yaitu Curug Cikawari.

Dikarenakan di Curug tersebut, para wisatawan dapat berenang dan turun ke lokasi air terjun. Sedangkan untuk Curug Cigulung dan Curug Cikoleang wisatawan tidak diperbolehkan untuk berenang di kedua Curug tersebut.

Di area air terjun Maribaya, para wisatawan bisa mandi atau berenang di kolam tempat penampungan dari air terjun. Sehingga wisatawan dapat dengan lebih aman untuk menikmati kesegaran dari Curug yang ada di Maribaya ini.

Curug yang masih asri di Lembang ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter, sehingga ketika kamu berada di dekat air terjun hempasan airnya dapat mengenai tubuh kamu. Sekitar air terjun Curug Maribaya ini terdapat bebatuan yang memiliki ukuran berbeda-beda.

Tak hanya itu, kamu pun dapat mengabadikan foto dengan latar belakang pemandangan air terjun yang indah dan pemandangan alam sekitar yang begitu menakjubkan.

Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa menikmati pemandian air panas yang ada di dekat curugnya. Kamu harus datang ke resort yang mengelola sumber air panas yang ada disini. Kamu bisa menikmati beberapa jenis pemandian air panas yang ditawarkan oleh resort, yaitu kamar berendam privat, VIP Pool, Deluxe Pool, dan Foot Spa.

Selain itu, kamu pun bisa memesan kolam air panas dengan privasi khusus atau mandi di pemandian air panas umum yang ada di resort ini. Pemandian air panas yang ada disini mengandung belerang sehingga cocok digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit kulit.

Kalau kamu ingin berkunjung ke pemandian air panas ini, maka kamu harus datang ke Hot Springs Resort yang ada di dekat Curug Maribaya.

Selain bisa menikmati air terjun langsung di wisata ini, kamu pun bisa mengunjungi Taman Hutan Raya Juanda. Para pengunjung bisa menjajal tracking dengan jalan kaki untuk menikmati pemandangan yang sangat indah dan masih asri di sekitar resort.

Pengunjung pun bisa menikmati jalur trekking yang dikelilingi oleh pepohonan yang menjulang tinggi dengan nuansa yang sejuk dan menyegarkan.

Lokasi Curug Maribaya

img_title
Curug Maribaya. (Foto: Instagram @rabyagustin)

Curug Maribaya ini terletak di Kampung Cikondang Lamajang Pangalengan, Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Curug yang satu ini menawarkan pemandangan sangat indah juga nyaman, suasana asri di tempat ini menawarkan pengalaman baru yang bisa kamu coba datangi dan rasakan sensasinya sendiri.

Bukan hanya itu, hutan alam yang berada di curug ini masih terbilang masih asri dan menjadi salah satu keunggulan di kawasan wisata Lembang itu sendiri.

Seperti namanya, lokasi wisata ini mempunyai air terjun sebagai objek utamanya. Tapi, ada beberapa lokasi wisata yang tak kalah keren dan kece, seperti pemandian air panas juga permainan anak yang cocok untuk kamu yang sudah punya buah hati.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Curug Maribaya

img_title
Curug Maribaya. (Foto: Instagram @fanobrott)

Membahas tentang harga tiket untuk masuk ke Curug Maribaya ini bisa saja sewaktu-waktu berubah. Jadi, nominal yang ditulis dalam artikel ini mungkin saja ada kenaikan atau bahkan penurunan.

Namun, menurut beberapa informasi yang dapatkan kalau umumnya harga tiket masuk ke lokasi ini memang cukup terjangkau.

Namun, harga tiket umumnya akan mengalami kenaikan ketika akhir pekan atau hari besar. Sementara hari biasa harga tiketnya akan lebih terjangkau, kamu pun bisa menikmati berlibur kamu dengan leluasa karena tak banyak pengunjung.

Harga tiket yang ditetapkan oleh pihak pengelola di hari biasa sekitar Rp35.000. Sementara saat akhir pekan, harganya akan naik hingga Rp45.000. Harga tiket masuk wisata air terjun tersebut belum termasuk biaya parkir.

Biaya parkir kendaraan juga dikenakan berdasarkan kendaraan yang kamu bawa. Untuk kendaraan roda dua dikenakan biaya sekitar Rp5.000, sementara kendaraan roda empat dikenakan biaya sekitar Rp.20.000 saja.

Harga tiket masuk maupun harga parkir kendaraan bisa mengalami perubahan sewaktu waktu. Beberapa wahana yang disediakan juga bisa saja dikenakan biaya tambahan.

Untuk jam operasionalnya di buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB. Lebih baik jika kamu datang saat musim kemarau, karena airnya tidak terlalu deras dan juga sangat jernih.

Rute ke Curug Maribaya

img_title
Curug Maribaya. (Foto: Instagram @sagalanabandung)

Jika kamu berangkat dari arah Dago Atas, rute pertama untuk menuju wisata Curug Maribaya ini dengan melewati Dago Atas. Kamu bisa menggunakan transportasi pribadi motor atau mobil.

Kamu juga bisa menggunakan transportasi umum seperti bus atau angkot. Jika dari terminal Dago, maka kamu akan menemukan sebuah pertigaan, dari situ arahkan kendaraan berbelok ke kiri menuju Dago Giri.

Setelah itu, cukup melakukan perjalanan lurus saja hingga berjumpa dengan daerah Lembang lalu Maribaya. Tidak perlu bingung dan cemas, jika sudah sampai tempat ini pengunjung akan disajikan papan petunjuk ke Curug Maribaya.  Jadi, kamu hanya perlu mengikuti arah petunjuknya saja dan akan sampai ke Curug Maribaya ini.

Berikutnya jika kamu dari arah jalan Setia Budi, maka kamu bisa melewati jalan Setia Budi itu sendiri. Dari daerah Dago, kamu langsung saja menuju jalan setia Budi yang dekat dengan daerah Ledeng dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Maka, dari sini pengunjung dapat secara langsung menuju Lembang lalu daerah Maribaya. Untuk melewatinya pengunjung juga bisa menggunakan kendaraan pribadi sebagai alat transportasi agar lebih mudah.

Terakhir, jika memilih rute Dago Ciumbeleuit, maka kamu bisa melewati jalur Dago Ciumbeleuit. Setelah sampai di daerah Dago Ciumbeleuit, arahkan kendaraan kamu menuju Punclut.

Maka, dari tempat ini, langsung saja mengikuti petunjuk perjalanan menuju Lembang. Tidak perlu bingung lagi, karena perjalanan yang ditempuh hanya lurus saja dan akan sampai di Maribaya.

Itulah sekilas informasi mengenai wisata Curug Maribaya yang ada di Bandung. Tempatnya indah dan sangat nyaman untuk kamu kunjungi kala menghabiskan waktu libur bersama keluarga dan orang terkasih lainnya.