6 Tempat Wisata di Purwakarta, Kaya Akan Keindahan Alam

Tempat wisata di Purwakarta
Tempat wisata di Purwakarta (Foto : Java Travel)

AntvTempat wisata di Purwakarta, Jawa Barat sangat beragam. Namun, seperti kota-kota lainnya di Indonesia, Purwakarta berlimpah oleh wisata alam yang kaya akan keindahannya. 

Purwakarta didominasi oleh area perbuktian. Oleh karena itu, beberapa tempat wisata yang ada di kota ini menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa. 

Selain itu, kini Purwakarta mulai mengembangkan tempat wisata buatan yang Instagrammable untuk menarik lebih banyak pengunjung. Pasalnya, di era modern seperti saat ini orang-orang senang berfoto untuk memamerkannya di media sosial.

Tertarik untuk berlibur Purwakarta? ANTV Klik telah mengumpulkan 6 tempat wisata Purwakarta yang patut kamu kunjungi. Berikut artikelnya!

1. Taman Air Mancur Sri Baduga

img_title
Taman Air Mancur Sri Baduga. (Foto: Wego.com)

Taman Air Mancur Sri Baduga merupakan tempat wisata yang cocok bagi kamu yang ingin bersantai. Di tempat ini, kamu bisa menyaksikan berbagai atraksi air mancur yang unik dan menarik!

Taman ini menyajikan dua kali pertunjukkan air mancur setiap hari Sabtu. Mereka memberikan pertunjukkan air mancur setinggi 6 meter yang dikolaborasikan dengan cahaya dan lampu berwarna-warni sehingga menjadikan tontonan yang memukau dan menarik. 

Tidak hanya pertunjukkan air mancur, taman ini juga menyediakan wisata kuliner setempat seperti sate maranggi. Kamu bisa menikmati pertunjukkan air mancur ini sambil menikmati cita rasa khas sate maranggi yang lezat! 

Di sisi lain, Taman Air Mancur Sri Baduga sering dimanfaatkan warga setempat untuk berolahraga, khususnya saat pagi hari. Di saat yang sama, pengunjung dapat menyaksikan pemandangan matahari terbit yang indah dan memesona. 

Taman Air Mancur Sri Baduga buka setiap hari untuk umum pada pukul 17.30—21.00 WIB. Taman ini merupakan ruang publik, jadi pengunjung tak harus dikenakan biaya tiket masuk!

2. Waduk Jatiluhur

img_title
Waduk Jatiluhur. (Foto: Advontura)

Kamu mungkin sering mengunjungi pantai atau danau. Bagaimanapun, Indonesia memang kaya akan objek wisata alamnya yang indah. Namun, pernahkah kamu berwisata ke waduk?

Waduk Jatiluhur merupakan waduk terbesar di Indonesia, oleh karena itu mungkin sekilas tempat ini terlihat seperti danau raksasa.

Namun, faktanya tempat ini merupakan waduk seluas 8300 hektare dan disebutkan sebagai waduk terbesar di Indonesia, bahkan Asia Tenggara! 

Waduk Jatiluhur memiliki banyak fasilitas sehingga menjadi salah satu tempat wisata favorit banyak orang. Tempat ini mempunyai penginapan seperti hotel, bungalow, dan perkemahan.

Selain itu mereka mempunyai fasilitas pelengkap seperti bar, restoran, kolam renang, lapangan tenis, billyard, dan ruang pertemuan. 

Sebagai wisata alam perairan, Waduk Jatiluhur juga menyuguhkan wahana air seperti jetski, kano, dan kereta monorel. Mereka bahkan mempunyai waterboom yag memiliki cukup banyak fasilitas yang menyenangkan. 

Waduk Jatiluhur buka setiap hari pukul 08.00—17.00 WIB. Harga tiket masuk cukup terjangkau, yaitu Rp25 ribu per orang. Namun, itu belum termasuk tarif parkir kendaraan bermotor. 

3. Gunung Lembu

img_title
Gunung Lembu. (Foto: nativeindonesia.com)

Kamu senang melihat pemandangan indah dari ketinggian? Maka kamu wajib mengunjungi Gunung Lembu. Gunung ini terbilang mudah untuk didaki oleh pemula, jadi kamu tak akan kesulitan selama mengenakan sepatu yang nyaman dan mempunyai stamina yang baik. 

Gunung Lembu mempunyai ketinggian 792 di atas permukaan laut. Dari gunung ini, kamu akan disuguhkan oleh pemandangan indah Gunung Bongkok, Gunung Parang, sampai Waduk Jatiluhur. 

Wisatawan yang berkunjung seringkali menjadikan pemandangan ini sebagai objek foto. Selain itu, Gunung Lembu seringkali digunakan sebagai lahan berkemah.

Meskipun begitu, lahan perkemahan ini cukup sempit. Oleh karena itu, pengelola menyediakan saung-saung yang dapat disewakan sebagai tempat penginapan. 

Gunung Lembu terbuka untuk umum setiap hari selama 24 jam. Harga tiket masuk pun cukup terjangkau, yaitu Rp10 ribu. Namun, pengunjung yang ingin berkemah dikenakan biaya Rp15 ribu per orang. Semua itu belum termasuk tarif parkir. 

4. Taman Batu Purwakarta

img_title
Taman Batu Purwakarta. (Foto: Wisatainfo)

Taman Batu Purwakarta merupakan tempat wisata yang berlokasi di kaki gunung Burangrang dan  berada di antara sungai, persawahan, sampai perbukitan. Oleh karena itu, tempat ini mempunyai suasana yang begitu asri dan sejuk. 

Taman ini memiliki kolam renang alami dengan variasi bebatuan besar di sekitar areanya. Kolam renang tersebut memiliki luas sekitar 5000 meter persegi. 

Selain itu, mereka juga mempunyai kolam renang yang disusun bertingkat layaknya tangga. Air pada kolam-kolam ini berasal dari mata air Cijanun. Oleh karena itu, warga setempat menyebut tempat wisata ini sebagai Wisata Mata Air Cijanun. 

Karena berlokasi di lereng perbukitan, Taman Batu Purwakarta pun menyuguhi panorama alam yang sedap dipandang mata. Lokasi tempat yang tinggi menjadikan kamu bisa menyaksikan pemandangan alam yang eksotis. 

Taman Batu Purwakarta terbuka untuk umum setiap hari pada pukul 08.00—17.00 WIB. Harga tiket masuk sama setiap harinya dan berlaku bagi pengunjung berbagai usia, yaitu Rp20 ribu. 

5. Curug Tilu

img_title
Curug Tilu. (Foto: iTrip)

Curug Tilu merupakan tempat wisata di Purwakarta yang belum diketahui oleh banyak orang. Oleh karena itu, tempat ini masih sangat terjaga keaslian dan keasriannya. Apalagi, tempat ini benar-benar jauh dari lokasi pabrik dan industri.

Daya tarik utama dalam Curug Tilu ini adalah air terjunnya. Walaupun tidak besar, air terjun ini tetap menjadi objek alam yang indah. Lingkungan di sekitar air terjun ini pun dirawat dan dihias dengan cantik dan bersih. 

Tepat di depan air terjun, terdapat sebuah jembatan kayu yang seringkali dimanfaatkan pengunjung sebagai objek foto. Pengunjung akan berdiri di atasnya dan berpose dengan latar belakang air terjun kecil yang indah. 

Tidak hanya itu, tepat di bawah jembatan adalah sungai kecil dengan air bersih yang jernih. Di sampingnya terdapat kolam ikan koi yang beragam warna dan bentuk. Pengunjung diperbolehkan memberi makan ikan-ikan koi ini!

Daya tarik lainnya dari Curug Tilu ini adalah kebun tehnya. Mereka telah menyediakan jalur kayu agar memudahkan wisatawan berkelana di sekitar kebun teh tanpa khawatir terpeleset karena jalan becek di kala musim hujan.

Curug Tilu mempunyai fasilitas yang cukup lengkap, dari lahan parkir luas, toilet dan kamar mandi, gazebo, mushola, restoran, sampai penginapan. Penginapan ini pun dibangun dengan arsitektur cantik nan unik yang cocok dijadikan sebagai tempat berbulan madu bagi pasangan pengantin baru!

Curug Tilu yang merupakan bagian dari Ecopark Curug Tilu ini terbuka untuk umum setiap hari pada pukul 07.00—21.00 WIB. Harga tiket masuknya tidak terlalu mahal, tergantung pada waktu kamu berkunjung ke sana. 

Harga tiket masuk Ecopark Curug Tilu pada hari kerja (Senin—Jumat) adalah Rp15 ribu, sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu Rp20 ribu. Harga ini belum termasuk tarif parkir, yaitu Rp5 ribu untuk motor dan Rp10 ribu untuk mobil.

6. Hidden Valley Hills

img_title
Hidden Valley Hills. (Foto: Wisata Oke)

Hidden Valley Hills disebutkan sebagai salah satu tempat wisata di Purwakarta yang viral saat ini. Tempat ini memiliki beberapa objek wisata, seperti villa, resort, dan sky pool

Salah satu daya tarik utama Hidden Valley Hills adalah keindahan panorama alam di sekitarnya. Bagaimana tidak? Tempat wisata ini dikelilingi oleh pegunungan dan bukit, seperti Gunung Parang, Gunung Lembu, Gunung Cupu, dan Gunung Bongkok.

Kamu bisa menikmati semua keindahan alam Purwakarta ini dengan fasilitas yang disediakan Hidden Valley Hills. Selain villa, resort, dan kolam renang mereka juga memiliki restoran, outdoor event, dan meeting room.

Selain itu, arsitektur Hidden Valley Hills yang megah dan Instagrammable menjadikan pengunjung senang berfoto-foto di beberapa spot yang disediakan.

Hidden Valley Hills buka setiap hari selama 24 jam. Harga tiket masuknya beragam tergantung keperluan kamu kemari.

Jika kamu ingin sekadar berkunjung dan berfoto di spot-spot Instagrammable, kamu akan dikenakan biaya tiket Rp35 ribu. Namun, jika kamu ingin menggunakan fasilitas kolam renang maka akan dikenakan biaya Rp25 ribu.