Bikin Baper! Ini 10 Film Romantis Indonesia yang Wajb Kamu Tonton

Film Indonesia Romantis
Film Indonesia Romantis (Foto : IMDb)

AntvFilm romantis Indonesia sangat sering kita temukan. Hampir setiap bulan pasti genre film ini menghiasi layar-layar lebar di seluruh Tanah Air.

Bagaimana tidak? Romantis bisa disebutkan sebagai genre favorit sebagian besar masyarakat Indonesia.

Jika dibandingkan dengan genre lain, sepertinya romantislah yang paling banyak digunakan dalam film-film. 

Setiap tahun, kisah dalam film romantis Indonesia semakin berkembang. Para penulis dan sutradara berkreasi dan mengkolaborasikannya dengan unsur lain agar menciptakan kisah yang lebih segar.

Ada film romantis Indonesia yang dibuat berdasarkan skrip, novel, sampai kisah nyata. Ini menjadikan film-film romantis Indonesia semakin beragam.

ANTV Lovers, kami telah menyiapkan 10 judul film romantis Indonesia yang bisa kamu saksikan saat waktu luang. Kamu bisa menyaksikannya sendiri, bersama teman, atau keluarga. Berikut artikelnya!

 

A Perfect Fit

img_title
A Perfect Fit. (Foto : IMDb)

A Perfect Fit merupakan film romantis yang berlatar di Bali. Film ini mengisahkan seorang perancang busana bernama Saski (Nadya Arina). 

Saski terpaksa mengikuti tuntutan orang tua agar mau dijodohkan dengan seorang bangsawan Bali bernama Deni (Giorgino Abraham). Saski bersedia karena keluarga Deni telah membiayai pengobatan sang ibu saat jatuh sakit.

Suatu hari, Saski bertemu dengan seorang peramal. Ramalannya membawa Saski pergi ke sebuah toko sepatu. Di sana, dia bertemu dengan Rio (Refal Hady). 

Pertemuan mereka adalah awal dari kisah cinta yang manis sekaligus konflik yang penuh drama. Ketika mereka mulai jatuh cinta, mereka dihadapi dengan masalah perjodohan yang belum usai.

Teman Tapi Menikah

img_title
Teman Tapi Menikah. (Foto : IMDb)

Teman Tapi Menikah diangkat dari buku berjudul sama karya Ayudian Bing Slamet. Film ini juga adalah kisah nyata penulisnya dengan sang suami, Muhammad Pradana Budiarto. Namun, ia lebih dikenal di dunia hiburan sebagai Ditto Percussion.

Teman Tapi Menikah mengisahkan Ditto (Adipati Dolken) yang mengidolakan seorang artis cilik, Ayu (Vanessa Prescilla). Tak disangka, mereka malah bertemu dan bersahabat sampai 11 tahun lamanya.  

Selama 11 tahun itu, Ditto menyimpan perasaan kepada Ayu. Namun, ia selalu gagal keluar dari tahap friendzone. Apapun yang ia lakukan untuk mencari perhatian Ayu selalu gagal karena Ditto hanya dianggap sebagai sahabat dan tempatnya curhat. 

Hal ini bertahan bahkan saat mereka mempunyai kekasih masing-masing. Mereka sering double date. Ditto tetap bertahan karena ingin selalu di samping Ayu. Setidaknya, sampai Ayu berkata bahwa dia berencana akan menikah. 

Ada Apa dengan Cinta

img_title
Ada Apa Dengan Cinta. (Foto : IMDb)

Ada Apa Dengan Cinta mengisahkan Cinta (Dian Sastrowardoyo) dan Rangga (Nicholas Saputra) yang berseteru karena lomba puisi yang diadakan di sekolah.

Cinta, yang merupakan siswa cantik dan populer, mengikuti lomba puisi itu. Dia dan teman-temannya yakin Cinta akan menang. Namun, justru Rangga-lah yang berhasil menjadi juara.

Sifat Rangga yang sangat bertolakbelakang dengan Cinta membuat mereka sering berdebat dan bertengkar. Cinta adalah gambaran seorang perempuan muda sosialita, sedangkan Rangga merupakan sosok yang sinis dan pendiam. 

Walaupun begitu, pertengkaran mereka ini justru adalah awal dari kisah cinta SMA yang manis. Akankah mereka bersatu? Saksikan filmnya ya!

Critical Eleven

img_title
Critical Eleven. (Foto : IMDb)

Critical Eleven menceritakan Ale (Reza Rahadian) dan Anya (Adinia Wirasti) yang bertemu di pesawat tujuan Sydney, Australia. Perkenalan mereka ini menjadi awal dari kisah cinta mereka. Apalagi, Ale jatuh cinta pada pandangan pertama kepada Anya. 

Ale dan Anya memutuskan untuk pacaran sampai akhirnya hubungan mereka berlanjut ke pernikahan. Setelahnya, mereka menetap di New York karena urusan pekerjaan Ale.

Kebahagiaan mereka bertambah ketika Anya mengandung anak pertama mereka. Namun, terjadi sebuah insiden yang menguji kekuatan cinta dan komitmen mereka sebagai suami-istri.

Imperfect: Karier, Cinta, & Timbangan

img_title
Imperfect. (Foto : IMDb)

Imperfect bercerita tentang Rara (Jessica Mila), seorang pegawai cemerlang yang selalu dipandang sebelah mata karena warna kulitnya yang cukup gelap serta tubuhnya yang gemuk.

Penampilan fisik Rara adalah keturunan dari sang ayah, sedangkan adiknya, Lulu mempunyai kulit putih dan tubuh yang tinggi nan langsing seperti ibu mereka. 

Di sisi lain, Rara mempunyai seorang kekasih bernama Dika (Reza Rahardian) yang mencintainya apa adanya. Rara juga mempunyai sahabat yang selalu mendampinginya dan mendukungnya.

Suatu hari, Rara mendapatkan kesempatan untuk naik jabatan. Namun, bosnya mengharuskan Rara mengubah penampilannya jika ingin mendapatkan jabatan itu. Akankah Rara berhasil? 

Habibie & Ainun

img_title
Habibie & Ainun. (Foto : IMDb)

Habibie & Ainun diangkat dari kisah cinta nyata antara Presiden ke-3 Republik Indonesia, B.J. Habibie dan sang istri, Hasri Anun Habibie. 

Rudy Habibie (Reza Rahadian) merupakan seorang genius yang memiliki impian untuk membuat pesawat terbang bagi Tanah Airnya. Di sisi lain, Ainun (Bunga Citra Lestari) adalah seorang dokter muda cerdas.

Habibie dan Ainun yang awalnya teman masa SMP ini akhirnya bertemu kembali di Kota Kembang. Mereka jatuh cinta dan menikah. Ainun begitu mendukung profesi dan impian sang suami hingga ia bersedia menemaninya sampai ke Jerman. 

Cinta Habibie dan Ainun kerap diuji, terlebih saat Habibie diangkat menjadi Presiden. Banyak pihak yang ingin menjatuhkan Habibie. Namun, cobaan yang sebenarnya terjadi ketika Ainun jatuh sakit.

Toko Barang Mantan

img_title
Toko Barang Mantan. (Foto : IMDb)

Toko Barang Mantan mengisahkan Tristan (Reza Rahadian), seorang mahasiswa abadi yang terlalu sibuk mengurus bisnisnya, Toko Barang Mantan, bersama kedua sahabatnya, Amel dan Rio.

Toko Barang Mantan merupakan toko jual-beli barang-barang dari mantan kekasih untuk mereka yang ingin segera move-on. Setiap barang menyimpan kisah beragam yang lucu dan menghibur.

Suatu waktu, Toko Barang Mantan kedatangan Laras (Marsha Timothy) yang ingin menjual cincin tunangannya. Ternyata, Laras ini adalah orang yang disukai Tristan semasa kuliah!

Dilan 1990

img_title
Dilan 1990. (Foto : IMDb)

Dilan 1990 merupakan film yang diangkat dari novel berjudul sama karya Pidi Baiq. Film Dilan 1990 ini mengisahkan cinta masa SMA yang manis dan penuh drama.

Dilan 1990 mengisahkan Milea (Vanesha Prescilla) yang baru pindah ke kota Bandung. Kepindahan Milea ini mempertemukannya dengan Dilan (Iqbaal Ramadhan), seorang siswa SMA yang juga anggota geng motor!

Dilan tertarik dan menyukai Milea. Ia selalu mencoba mendekati Milea dengan ucapan dan gombalan manisnya. 

Awalnya Milea enggan dan heran dengan sikap Dilan. Namun, akhirnya ia luluh dan mulai memikirkan Dilan. Di saat yang sama, Milea masih berhubungan jarak jauh dengan Benni, sosok pacar yang kasar dan agresif. 

Perahu Kertas

img_title
Perahu Kertas. (Foto : YouTube TrueID Indonesia)

Perahu Kertas mengisahkan Kugy (Maudy Ayunda) dan Keenan (Adipati Dolken), dua mahasiswa yang berkuliah di Bandung. Kugy yang ingin menjadi penulis berkuliah di fakultas sastra. Di sisi lain, Keenan yang senang melukis harus berkuliah di fakultas ekonomi karena desakan sang ayah. 

Kugy memiliki sahabat sejak kecil yang bernama Noni. Lalu, Noni pun mempunyai kekasih bernama Eko yang merupakan sepupu Keenan. 

Setelahnya, Kugy, Keenan, Noni, dan Eko menjadi empat sekawan. Mereka berteman baik dan tergabung dalam satu geng. Namun, masalah mulai muncul ketika timbul benih-benih cinta antara mereka. 

Wedding Agreement

img_title
Wedding Agreement. (Foto : IMDb)

Wedding Agreement mengisahkan pernikahan antara Tari (Indah Permatasari) dan Bian (Refal Hady). Tari tak menyangka bahwa pernikahannya akan menjadi mimpi buruk. 

Ternyata, sejak awal Bian tak mau menikah dengan Tari. Ia menikahinya semata-mata karena bakti terhadap orang tua. Saat mereka menikah, Bian pun masih menjalin kasih dengan pacarnya, Sarah. 

Tari dan Bian membuat janji pernikahan yang menyatakan bahwa mereka akan bercerai dalam waktu satu tahun. Di balik rencana itu, Bian ingin menikahi Sarah!