4 Hal yang Memicu Anak Menjadi Tantrum

4 Hal yang Memicu Anak Menjadi Tantrum
4 Hal yang Memicu Anak Menjadi Tantrum (Foto : The Asian Parent Indonesia)

Antv – Anak usia dibawah 5 tahun biasanya belum bisa mengekspresikan dan mengontrol emosinya dengan baik sehingga menimbulkan tantrum.

Definisi tantrum menurut Kamus Perkembangan Anak adalah luapan kemarahan atau kekesalan yang sebenarnya dapat terjadi pada semua orang.

Menjadi orang tua bukanlah hal mudah.Selain harus memoerhatikan segala nutrisi anak, orangtua juga harus bisa mengenali dan mengatasi emosi si anak.

Pada umumnya anak dibawah 5 tahun tidak bisa menjelaskan ataupun memberitahu apa yang ia rasakan, terutama jika anak merasakan kondisi ketidaknyamanannya.

“Tantrum bukanlah suatu penyakit namun sebuah gangguan yang memerlukan penanganan khusus,” terang dr. Robert Soetandio, Dokter Spesialis Anak, RS Pondok Indah – Bintaro Jaya.

Kebanyakan anak yang sedang tantrum akan meluapkan emosinya dengan cara menangis kencang, berguling-guling di lantai, bahkan sampai melempar barang. Inilah yang membuat para orang tua frustasi dalam menghadapi anak yang tantrum.

Nah berikut beberapa hal yang dapat memicu anak menjadi tantrum:
Temperamen. Dapat memengaruhi seberapa cepat dan kuat reaksi anak-anak terhadap hal-hal seperti peristiwa yang tidak bisa ia kendalikan sehingga membuatnya frustrasi. Anak-anak yang mudah marah mungkin lebih cenderung mengamuk.