9 Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Mendapatkannya

Sumber foto: Pixabay
Sumber foto: Pixabay (Foto : )
Vitamin D dijuluki sebagai vitamin sinar matahari karena kemampuannya diserap tubuh melalui sinar matahari. Apa saja manfaat vitamin D? Manfaat vitamin D menurut National Institutes of Health's Office of Dietary Supplements adalah untuk meningkatkan penyerapan kalsium sehingga diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan remodeling tulang (ketika jaringan tulang matang dihilangkan dan jaringan tulang baru terbentuk).Karena itu, kekurangan vitamin D dapat menyebabkan tulang tipis, rapuh atau cacat. Tetapi vitamin D juga menawarkan berbagai manfaat lain, mulai dari yang positif untuk kesehatan fisik dan mental.Dilansir dari laman Health, berikut adalah sembilan manfaat vitamin D yang perlu Anda ketahu termasuk cara untuk mendapatkan lebih banyak vitamin dalam diet harian Anda.
Vitamin D memperkuat tulang Anda Vitamin D terkenal dengan kekuatan membangun dan memperkuat tulang. "Vitamin D meningkatkan penyerapan kalsium di usus Anda, yang pada akhirnya memungkinkan mineralisasi normal tulang Anda," kata Jackie Newgent, RDN, ahli gizi kuliner dan penulis The Clean & Simple Diabetes Cookbook.Pada dasarnya, kalsium yang bermanfaat bagi tulang Anda tidak akan dapat melakukan tugasnya tanpa vitamin D. Anda membutuhkan vitamin D untuk pertumbuhan tulang dan untuk mencegah tulang menjadi rapuh.Ketika dikombinasikan dengan kalsium, dapat membantu mencegah osteoporosis, penyakit yang menandakan bahwa kepadatan dan kualitas tulang berkurang, tambahnya.
Vitamin D dapat membantu memperkuat otot Seiring dengan kemampuannya membangun tulang, vitamin D juga berpengaruh dalam memperkuat otot“Kekurangan vitamin D dalam tubuh dapat meningkatkan risiko memiliki otot yang lemah, yang pada gilirannya meningkatkan risiko jatuh,” ujar Lana Nasrallah, MPH, RD, ahli gizi klinis di UNC Health."Vitamin D dapat membantu meningkatkan kekuatan otot sehingga mencegah jatuh, yang merupakan masalah umum yang menyebabkan kecacatan substansial dan kematian pada orang dewasa yang lebih tua,” lanjutnya. Vitamin D dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dan melawan peradangan