Hasil Piala AFC : Bungkam Vietnam 1-0, Indonesia Bakal Catat Sejarah Baru, Selanjutnya Lawan Jepang

Gol penalti Asnawi menangkan Indonesia atas Vietnam di Piala Asia 2023
Gol penalti Asnawi menangkan Indonesia atas Vietnam di Piala Asia 2023 (Foto : PSSI)

Antv – Hasil pertandingan Piala AFC 2023, Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan perdana usai menang tipis atas Vietnam 1-0 di laga penyisihan Grup D di Stadion Abdullah bin Nasser bin Khalifa, Qatar, Jumat malam, 19 Januari 2024.

Hasil pertandingan lain, Irak mampu mengalahkan Jepang dengan skor tipis 2-1. Irak sudah dipastikan lolos dengan raihan enam poin dari dua kemenangan berada di puncak klasemen.

Kemenangan Garuda ini membuka peluang Indonesia untuk bisa lolos ke babak 16 besar sebagai peringkat dua atau kuota peringkat tiga terbaik.

Di klasemen sementara, Indonesia di peringkat tiga dengan raihan tiga poin. Nilai Indonesia sebenarnya sama dengan Jepang, namun negeri Matahari Terbit ini unggul selisih gol. Vietnam di posisi buncit klasemen belum mendapat poin dipastikan gagal lolos ke babak 16 besar.

Selanjutnya pada tanggal 24 Januari, Indonesia melawan Jepang dan Irak lawan Vietnam. Dari enam grup di Piala Asia, kuota babak 16 besar akan disi 12 tim dengan status juara dan runner up grup. Ditambah empat tim dari peringkat tiga terbaik.

Jika lolos ke babak 16 besar, Timnas Indonesia akan menciptakan sejarah baru di Piala Asia. Untuk kali pertama sejak 1996, bisa lolos dari fase grup.

Kedua tim silih berganti menyerang di babak pertama. Indonesia akhirnya berhasil memecah kebuntuan di menit 42. Gol dilesakkan oleh Asnawi Mangkualam Bahar melalui titik penalti. Tendangan penalti Asnawi gagal dibendung kiper Vietnam, Filip Nguyen.