Pemain Terbaik FIFA 2023 Lionel Messi, Kalahkan Halland Dan Mbappe, Ederson Kiper Terbaik

Lionel Messi, pemain terbaik FIFA 2023
Lionel Messi, pemain terbaik FIFA 2023 (Foto : FIFA)

Antv – Maha bintang asal Argentina, Lionel Messi dinobatkan sebagai pesepakbola terbaik FIFA 2023 dalam perayaan yang berlangsung di London, Inggris, Selasa dini hari, 16 Januari 2024. Erling Halland di peringkat dua dan Kylian Mbappe ketiga.

Bersama klub Inter Miami Amerika Serikat, Messi mengemas 11 gol dalam 14 musim lalu, mengalahkan Haaland, figur penting dalam kesuksesan Manchester City meraih treble pada 2022-2023 yakni Liga Champions, Liga Inggris dan Piala FA.

Sebenarnya dalam pemilihan Messi dan Halland sama-sama memperoleh 48 poin. Pemilihan oleh pelatih dan kapten timnas anggota FIFA. Namun Messi berhak menang berdasarkan artikel 12 dalam regulasi The Best FIFA Football Awards. Messi lebih banyak ditempatkan peringkat 1 oleh para kapten timnas.

Berdasarkan voting, setiap kapten dan pelatih timnas diminta melakukan pemeringkatan terhadap tiga besar nomine pemain terbaik. Messi ditempatkan pada ranking pertama oleh 677 kapten timnas. Di sisi lain, Haaland dipilih jadi yang terbaik oleh 557 kapten.

Dalam penghargaan ini Messi tidak bisa hadir karena tengah melakoni laga pramusim bersama Inter Miami. Messi diwakili rekan se tim di Barcelona, Thiery Henry.

Pep Guardiola terpilih sebagai Pelatih terbaik setelah membawa Manchester City meraih treble winners.

Pada kategori putri, pemain terbaik jatuh pada Aitana Bonmat yang membawa Spanyol menjuarai Piala Dunia Putri dan Barcelona memenangi Liga Champions pada 2023 dalam beberapa bulan terakhir.