Piala Asia 2023 : Indonesia Takluk Dari Irak 1-3, Selanjutnya Lawan Vietnam Dan Jepang

Marselino Ferdinand (7) sumbang gol saat Indonesia vs Irak
Marselino Ferdinand (7) sumbang gol saat Indonesia vs Irak (Foto : PSSI)

Antv – Hasil pertandingan fase Grup D Piala Asia 2023, Indonesia harus mengakui keunggulan tim unggulan Irak dengan skor 1-3, Senin 15 Januari 2024. Sehari sebelumnya, laga lain di Grup D, Jepang sikat Vietnam 4-2.

Dengan hasil ini, di klasemen sementara, Jepang berada di puncak klasemen dengan tiga poin. Irak yang juga mengemas tiga poin di peringkat kedua, hanya kalah selisih gol. Vietnam di peringkat tiga dan Indonesia di peringkat empat belum memperoleh poin. 

Bertanding di Stadion Ahmad bin Ali, Ar-Rayyan, kedua tim Indonesia vs Irak mencoba mengerahkan kemampuan terbaik mereka di awal laga. Bek tengah Indonesia Elkan Baggot mendapatkan kartu kuning karena tekel telatnya kepada Hussein Haydar Ali di sisi kanan pertahanan Tim Merah Putih.

Gawang Indonesia yang dikawal Ernando Ari untuk sementara selamat dari kebobolan. Itu setelah sundulan Osamah Jabar Rashid pada menit keempat melenceng di sisi kiri gawang usai memanfaatkan tendangan bebas dari sisi kanan pertahanan Garuda.

Indonesia langsung merespons ancaman Irak dengan peluang dari Marselino Ferdinan pada menit kelima. Bermula dari lemparan ke dalam Pratama Arhan dari sisi kiri, bola kemudian ditinju kiper Jalal Hassan namun tidak sempurna. Bola jatuh di kaki Marselino yang langsung disepak dengan kaki kiri, namun membentur mistar gawang Irak.

Mohanad Ali mencetak gol pada menit ke-17. Irak unggul 1-0 atas Indonesia. Gol Ali itu bermula dari blunder Marselino Ferdinan yang terlalu lama memegang bola sehingga dicuri pemain Irak yang berujung pada serangan balik.

Indonesia terus berjuang untuk menyamakan kedudukan. Marselino sukses mencetak gol pada menit ke-36, Indonesia vs Irak 1-1. Gol Marselino bermula dari akselerasi apik Yakob Sayuri di sisi kanan. Yakob melepaskan umpan silang mendatar yang gagal dihalau lini belakang Irak. Operan Yakob ke sisi kiri itu disambut Marselino yang menunggu di tiang jauh dengan sontekan kaki kanan.