Final DBL 2023 Jakarta : Sejarah Putra SMA Jubilee Pertahankan Gelar, Putri SMAN 70 Thee Peat

Final DBL 2023, SMA Jubilee (putih) kalahkan SMA Bukit Sion 53-52
Final DBL 2023, SMA Jubilee (putih) kalahkan SMA Bukit Sion 53-52 (Foto : DBL)

Antv – Hasil pertandingan final DBL Jakarta 2023, sejarah berhasil ditorehkan putra SMA Jubilee yang berhasil pertahankan gelar dan putri SMAN 70 Jakarta sebagai tim pertama yang berhasil cetak threepeat atau juara tiga kali beruntun, Jumat malam 17 November 2023.

Dalam final yang berlangsung di Indonesia Arena Jakarta, pada kategori putra, SMA Jubilee berhasil mempertahankan gelar. Jubilee juga menunjukkan mental juara setelah memenangkan pertarungan dramatis 53-52 dari SMA Bukit Sion, Jakarta. 

SMA Buksi yang berkostum merah lebih mendominasi tapi tidak pernah memimpin dua digit poin. Buksi bahkan menutup kuarter kedua dan ketiga dengan buzzer beater dari Efrael Yerusyalom Enrichia. 

Jubilee juga masih tertinggal 4 poin (48-52) di satu menit terakhir kuarter keempat. Momentum Jubilee didapat melalui tripoin krusial Stephen Sundinata. Mereka semakin percaya diri setelah layup mulus Kanara Haady Pasha di sisa 13 detik. Kanara mendapatkan tembakan gratis tapi gagal mengeksekusi. Buksi menguasai bola. Tetapi peluang terakhir mereka gagal setelah turnover Efrael. Setelah Hosea Yedija Setiwan melakukan steal, Jubilee mencoba peruntungan melalui tripoin Kenneth Leebron Huang dan gagal. 

Pertandingan pun berakhir Jubilee menang tipis atas Buksi 53 lawan 52. Para pemain Jubilee merayakan kemenangannya di Indonesia Arena. 

Nyaris semua pemain Jubilee menyumbang poin. Stephen Sundinata memimpin Jubilee dengan dobel-dobel 12 poin dan 12 rebound ditambah 5 asis. Ia membukukan 4 tembakan tepat sasaran yang berasal dari tripoin. Kenneth Leebron Huang mencetak 11 poin, 8 rebound, dan 3 asis.  Timothy Marvel Christiano memberikan 11 poin. Kanara Haady Pasha menyumbang 8 poin dan 9 rebound. 

Dari kubu Buksi, ada Efrael yang menjadi top skor gim ini. Ia meraih 20 poin, 4 rebound, 4 asis, dan 4 steal. Efrael mencetak 8 tembakan dengan 4 tripoin. Disusul Riovaldo Renjiro Leonardy dengan 13 poin, 7 rebound, dan 2 steal.