Berikut Hasil Lengkap Dan Daftar Juara Kejurnas OnePrix 2023 Putaran Kelima Semarang

Kejurnas balap motor bebek OnePrix 2023 putaran lima di Semarang
Kejurnas balap motor bebek OnePrix 2023 putaran lima di Semarang (Foto : OnePrix 2023)

Antv – PT. OMM selaku penyelenggara kejuaraan nasional balap motor bebek OnePrix 2023 berhasil menyelenggarakan pagelaran kelima atau putaran final tahun ini. Bertempat di Sirkuit Mijen, Semarang, pada 11 dan 12 November 2023, OnePrix sukses menghadirkan para juara baru di empat kelas utama yang dilombakan.

Di kelas para raja atau kelas Expert OP1, Hafid Pratama menyudahi drama perburuan gelar yang melibatkan dirinya dan pembalap Yamaha Ziear, Husni Zainul Fuadzy atau Alfi Husni. Hafid mengawali putaran ini dengan memenangi sesi Superpole pada hari pertama dan melengkapinya dengan finish terdepan pada Race 1. Sang pesaing utama, Alfi, justru tercecer di peringkat kedelapan. Hal tersebut cukup memberi ruang bagi perolehan poin di antara keduanya.

Pada balapan kedua, perolehan poin kedua pembalap tersebut berjarak 20 poin yang artinya, Alfi harus finish di peringkat pertama sambil berharap Hafid gagal meraih podium. Namun, Hafid menunjukkan konsistensinya dengan mengamankan podium kedua sekaligus gelar nasional pertamanya di OnePrix.

Kemudian di kelas Novice, Chandra Hermawan menutup musim ini dengan istimewa. Setelah finish di peringkat ketiga pada balapan pertama, pembalap asal Lumajang tersebut hanya butuh satu poin lagi untuk mengunci gelar nasional. Meski hanya butuh satu angka, Chandra tetap mengerahkan segala kemampuannya pada balapan hari kedua dan finish di urutan terdepan. Ini merupakan gelar pertamanya di kelas Novice dan musim depan ia akan naik ke kelas Expert.

Pada kelas OP3 atau Rookie, Muhammad Diandra, secara dramatis mengumpulkan poin terbanyak musim ini meski menyelesaikan balapan masing-masing di urutan ketiga dan kedua. Secara total, perolehan poinnya hanya unggul satu angka dari pembalap Yamaha Dr. Jack Zyrof 47, Arai Agaska Dibani Laksana. ART juga mengamankan gelar nasional pada kelas satu tingkat di bawahnya.

Di kelas OP4 Beginner, Resky YH berhasil mengungguli perolehan rekan setimnya di Astra Racing Team (ART), Bintang Pranata Sukma, untuk mengamankan gelar nasional pertamanya tahun ini. Resky baru bisa memastikan dirinya meraih gelar juara nasional pada hari kedua, setelah finish pada urutan kedua balapan.

CEO PT. OMM, Arlan Perkasa Lukman, mengapresiasi semua pihak yang mendukung penyelenggaraan balapan di Sirkuit Mijen. Meski demikian, sejumlah catatan untuk evaluasi tetap menjadi perhatiannya untuk penyelenggaraan yang lebih baik di masa mendatang.