Resmi! FIFA Nyatakan Piala Dunia 2034 Bakal Berlangsung di Arab Saudi

Trofi Piala Dunia
Trofi Piala Dunia (Foto : Instagram @fifaworldcup)

Antv – Presiden FIFA, Gianni Infantino secara resmi telah memastikan bahwa perhelatan Piala Dunia 2034 bakal berlangsung di Arab Saudi. Kabar tersebut dipastikan lewat unggahan video melalui akun Instagram resmi Infantino dan Fifa World Cup.

Gianni Infantino mengumumkan bahwa Piala Dunia 2034 akan berlangsung di Arab Saudi. Selain itu, Piala Dunia edisi 2026 hingga 2034 akan berlangsung di 5 benua dengan melibatkan 10 negara.

"Acara terakbar di dunia akan diselenggarakan di Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat pada 2026 di Amerika Utara. Dua edisi berikutnya Piala Dunia FIFA akan diselenggarakan di Afrika (Maroko) dan Eropa (Portugal dan Spanyol) dengan tiga pertandingan selebrasi dimainkan di Amerika Selatan (Argentina, Paraguay, dan Uruguay pada 2030 dan di Asia (Arab Saudi) pada 2034." tulis unggahan tersebut, seperti dikutip pada Rabu, 01 November 2023.

"Tiga edisi, lima benua, dan sepuluh negara terlibat dalam pementasan pertandingan di turnamen tersebut. Itulah yang menjadikan sepak bola benar-benar mendunia," jelas pernyataan tersebut.

img_title
Presiden FIFA, Gianni Infantino membawa trofi Piala Dunia. (Foto: Instagram @gianni_infantino)

Infantino juga menjelaskan bahwa proses pengajuan bidding tuan rumah Piala Dunia telah disetujui FIFA dan keenam federasi.

Sebelumnya Australia sempat berminat menjadi penyelenggara Piala Dunia 2034, namun federasi sepak bola Australia kemudian menyatakan mundur dari proses bidding tuan rumah pada Selasa, 31 Oktober 2023 atau pada hari terakhir pengajuan bidding.