Kontrak Shin Tae-yong Hingga Juni 2024, Masih Bisa Diperpanjang dengan Kesepakatan Tertentu

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dan Arya Sinulingga
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dan Arya Sinulingga (Foto : ANTVKlik/Firman)

AntvKetua Umum PSSI, Erick Thohir membantah perihal isu perpanjangan kontrak palatih Shin Tae-yong selama tiga tahun. Erick menegaskan bahwa hingga saat ini pelatih asal Korea Selatan tersebut masih terikat kontrak hingga Juni 2024.

Sebelumnya, kontrak Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia selesai pada Desember 2023. Namun, PSSI telah menambah durasi kontrak pelatih 53 tahun tersebut hingga Juni 2024 mendatang.

Alasan kontrak Tae-yong diperpanjang karena sepanjang tahun depan timnas Indonesia mengikuti ajang internasional. Antara lain adalah Piala Asia 2023 dan Piala Asia U-23 2024.

"Pembicaraan saya dengan Shin Tae-yong sampai Juni 2024, dimana penilaiannya nanti apakah perpanjangan lebih panjang sesuai dengan prestasi di Piala Asia baik senior Maupun U-23," kata Erick Thohir di sela-sela Konferensi Pers jelang Piala Dunia U-17, pada Selasa, 10 Oktober 2023 kemarin.

Erick mengaku puas dengan performa yang ditunjukkan Shin Tae-yong selama menukangi timnas Indonesia. Hanya saja, ia tak dapat begitu saja mengasih durasi kontrak yang panjang.

"Saya rasa coach Shin Tae-yong sudah berbuat maksimal ketika membawa timnas U-23 ke Piala Asia U-23 pertama kalinya. Ini pertama kali sepanjang sejarah dan timnas setelah 17 tahun kembali bermain di Piala Asia, jadi suatu prestasi yang luar biasa," ucapnya.

"Saya mengapresiasi perpanjangan kontrak tetapi kalau lebih panjang lagi tentu saya berharap ada target yang kita sepakati. Saya diskusi dengan Shin Tae-yong, saya ada kedekatan, dan ini hal yang baik untuk sepakbola Indonesia," jelas Erick.