Asa Kano Mendayung Medali di Nomor Sprint Asian Games 2023

Harapan Raih medali dari Kano
Harapan Raih medali dari Kano (Foto : NOC Indonesia/M. Rifqy Priadiansyah)

Antv – Asa kano untuk mendayung medali di Asian Games 2023 Hangzhou belum surut. Harapan tersebut disematkan di nomor single dan double sprint 200m yang akan dipertandingkan di Fuyang Water Sport Centre, China, pada Selasa, 03 Oktober 2023.

Adalah Riska Andriyani dan Nur Meni yang menjadi harapan terakhir tersebut. Riska akan turun di nomor perorangan 200 meter. Ia bersama Nur kemudian dijadwalkan kembali turun di nomor ganda 200 meter.

“Kami masih memiliki peluang di dua nomor tersebut,” kata pelatih kano Tim Indonesia asal Rusia Andre Kraitor.

“Untuk di dua nomor tersebut karena ini adalah nomor sprint, tidak ada strategi khusus. Mereka harus fight dan tampil dengan kecepatan maksimum.”

Lelaki 30 tahun ini menjelaskan terpenting untuk anak latihnya saat ini adalah mendapatkan recovery (pemulihan) yang optimal. Sebagai informasi, Riska/Nur juga tampil di nomor 500 meter ganda pada hari ini. Hanya saja, mereka hanya mampu finis di posisi keenam dengan catatan waktu 2 menit 11,699 detik. 

Menanggapi hasil yang diraih anak latihnya, Kraitor menjelaskan Riska/Nur telah berusaha. Hanya saja, faktor angin dalam perlombaan tadi sangat memengaruhi penampilan dua atlet Merah Putih tersebut.

Hal ini dibenarkan oleh Riska/Nur. Menurut mereka, angin yang berlawanan arah dengan garis finis memberikan pengaruh besar terhadap kecepatan mereka.