Kongres Luar Biasa Komite Olimpiade Indonesia 2024, Hasilkan Keputusan Penting

Rapat Anggota Tahunan NOC Indonesia 2024
Rapat Anggota Tahunan NOC Indonesia 2024 (Foto : NOC Indonesia/Naif)

Antv – Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) menggelar Rapat Anggota sekaligus Kongres Luar Biasa (KLB) di Hotel Fairmont, Jakarta 8-9 Maret 2024. Empat keputusan penting diambil di Rapat Anggota dan Kongres Luar Biasa NOC Indonesia.

Keputusan pertama adalah penyesuaian nomenklatur dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga untuk nama-nama komisi. Penyesuaian tersebut memperhatikan perkembangan tata kelola keolahragaan baik di International Olympic Committee (IOC) maupun di Olympic Council Asia (OCA).

“Pengesahan penyesuaian nomenklatur dilakukan di Kongres Luar Biasa karena terkait perubahan pada Angaran Dasar. Dari sepuluh komisi, enam akan berubah nama, dua komisi lainnya tetap, satu komisi dihapuskan dan terdapat satu komisi tambahan,” kata Raja Sapta Oktohari, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia.

img_title
NOC Indonesia 2024. (Foto: NOC Indonesia/Naif)

Dua Olympian, Greysia Polii dari bulutangkis dan Akbar Nasution dari cabang olahraga renang juga ditetapkan sebagai Komite Eksekutif dari perwakilan atlet di Rapat Anggota NOC Indonesia 2024.

Selain itu, Komite Olimpiade Indonesia juga menerima anggota baru, yaitu Pengurus Besar Persatuan Tarung Campuran Indonesia atau PB Percatami. Sekaligus memutuskan pemberhentian PP PTMSI dari keanggotaannya di NOC Indonesia secara definitif, setelah pembelaan yang disampaikan Ketua Umum PP PTMSI Oegroseno ditolak.

“Dengan berat hati tadi sudah kami putuskan dan di setujui bersama oleh anggota terkait pemberhentian atau pemecatan PP PTMSI dari keanggotaannya di Komite Olimpiade Indonesia,” sebut Okto, sapaan akrab Raja Sapta Oktohari.