Hampir 5 Ribu Personel Gabungan Diterjunkan, Amankan Laga Derby Jatim Persebaya Surabaya vs Arema FC

Arema FC vs Persebaya
Arema FC vs Persebaya (Foto : Antaranews)

Antv – Hampir lima ribu personel gabungan dari Kepolisian RI (Polri), TNI, dan Pemerintah Kota Surabaya, bakal disiapkan untuk mengamankan laga derby Jawa Timur yang mempertemukan Persebaya Surabaya vs Arema FC.

Pertandingan syarat akan sejarah ini bakal berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada Sabtu, 23 September 2023 besok.

Sebanyak 4.925 orang personel disiapkan untuk mengamankan laga tersebut. Hal itu putuskan usai mengadakan rapat koordinasi.

“Dari hasil rakor tersebut, kami perlu sampaikan yang nanti akan dilibatkan dalam pengamanan ada sekitar 4.925 orang personel, gabungan TNI, Polri, dan Pemkot Kota Surabaya,” kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto, seperti dikutip dari laman viva.co.id, pada Jumat, 22 September 2023.

Kombes Pol Dirmanto menjelaskan, ada beberapa tindakan antisipatif yang akan dilakukan oleh aparat keamanan guna kelancaran dan kenyamanan pertandingan derby Jatim tersebut. Di antaranya melakukan penyekatan di perbatasan akses masuk Kota Surabaya, dari pagi hingga pertandingan dimulai.

Selain itu, kepolisian juga akan mengawal kedua tim, terutama tim dari Arema FC dari kedatangan hingga kepulangan. “Operasi operasi miras juga kami laksanakan untuk melakukan upaya agar tidak ada miras yang masuk ke lapangan sepak bola,” ujar Dirmanto.

Agar pertandingan betul-betul berjalan lancar, kepolisian mengimbau seluruh suporter, yakni Bonek dan Aremania, agar menaati perjanjian perdamaian yang telah dipatri pada tahun 1996 silam.