Catatkan Rekor di IWF World Championships 2023, Rahmat Erwin Kini Fokus ke Asian Games

Rahmat Erwin Abdullah
Rahmat Erwin Abdullah (Foto : Dok. PABSI)

AntvLifter Rahmat Erwin Abdullah mengaku fokus menghadapi Asian Games Hangzhou, China,23 September - 3 Oktober mendatang.

Atlet asal Sulawesi Selatan itu, baru saja meraih prestasi gemilang di ajang Kejuaraan Dunia Angkat Besi 'IWF World Championships 2023' di Riyadh, Arab Saudi dengan membawa pulang 1 emas dan 1 perak, serta memecahkan Rekor Dunia untuk jenis angkatan Clean and Jerk di kelas 81kg.

Ditemui di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), setibanya dari Arab Saudi, lifter yang dijuluki ' Sang Raja Clean and Jerk' itu, mengatakan dengan sisa waktu tersisa jelang Asian Games, ia berjanji akan memperbaiki angkatannya demi meraih medali di ajang multievent itu.

"Di Asian Games nanti saya akan tampil di kelas 73kg dan berupaya untuk menurunkan berat badan dan fokus memperbaiki angkatan. Insha Allah, saya akan berupaya tampil sebaik mungkin," katanya kepada awak media di Terminal III Bandara Soetta, pada Rabu, 13 September 2023 kemarin.

Menurutnya, ia tak menyangka bisa memecahkan Rekor Dunia Clean and Jerk yang menjadi 'senjata' andalannya, dengan mengangkat beban seberat 209kg dari rekor sebelumnya 208kg yang diciptakan lifter berusia 19 tahun asal Bulgaria, Nasar Karlos May Hasan, pada Kejuaraan Dunia 2021.

"Gak nyangka sebelumnya, padahal saya hanya iseng-iseng saja,ternyata berhasil,"ungkap lifter kelahiran Makassar, 13 Oktober 2000 itu.

Terpisah, Sekjen Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia(PABSI), Djoko Pramono mengatakan prestasi membanggakan yang diraih oleh Eko Yuli Irawan dengan membawa pulang 2 perak di kelas 67kg dan Rahmat Erwin Abdullah yang berhasil memecahkan Rekor Dunia dan membawa pulang 1 emas dan 1 perak.