Jelang Australian Open 2023: Semangat Skuad Garuda Jalani Latihan Perdana

Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati
Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati (Foto : Dok. PBSI)

Antv – Kendati masih diselimuti rasa kantuk karena belum beristirahat, para pemain bulutangkis Indonesia begitu bersemangat menjalani latihan perdana. Latihan ini merupakan bagian dari persiapan terakhir untuk menghadapi turnamen Sathio Group Australian Open 2023.

Semua punggawa tim bulutangkis Indonesia berlatih di arena Quay Center, Sydney, pada Senin, 31 Juli 2023. Selama tiga jam dari pukul 13.30 waktu setempat, para pemain bisa berlatih dan beradaptasi, baik di main hall yang akan menjadi tempat pertandingan, maupun di warming up hall.

Sebelumnya, dua kloter tim bulutangkis Indonesia mendarat di Bandara Internasional Kingsford Smith Sydney. Rombongan dari Jakarta mendarat sekitar jam 06.00 pagi. Selang tiga jam berikutnya, tim dari Jepang yang datang.

Dari bandara, rombongan perlu waktu sekitar 45 menit dengan bus untuk sampai di tempat menginap di Hotel Park Royal, Parramatta, Sydney. Mereka tidak sempat istirahat dan langsung berlatih sesuai jadwal yang disediakan panitia.

Dari wajah-wajah 26 pemain Indonesia yang berlatih hari itu, terlihat penuh semangat dan ceria. Meskipun ada rasa kantuk, semua pemain begitu bergairah dalam mengasah kemampuan. Mereka secara bergiliran mencoba lapangan di main hall.

Menurut Fajar Alfian, pemain ganda putra, latihan perdana ini dimanfaatkan untuk beradaptasi dengan arena pertandingan. Dirinya bisa belajar menyesuaikan dengan kondisi lapangan, arah angin, tata lampu, dan shuttlecock.

Selain itu, dirinya juga bisa menggunakan latihan ini untuk mengembalikan kebugaran. Maklum, bersama rombongan tim dari Jepang, dia juga baru sampai di Sydney, sekitar pukul 09.00. Tanpa sempat beristirahat, Fajar dan pemain yang lain langsung berlatih pada siang hari.