Menjadi Perdebatan, Berapa Sebenarnya Gol yang Dicetak Legenda Sepak Bola Pele?

Berapa Gol yang Dicetak Pele?
Berapa Gol yang Dicetak Pele? (Foto : Tangkap Layar Youtube)

AntvLegenda sepak bola dunia, Pele memang sudah tutup usia pada Jumat, 30 Desember 2022 lalu. Namun sejarah tentang berapa gol yang pernah dicetak legenda Brasil tersebut masih menjadi perbincangan.

Hal ini disebabkan pencatatan statistik sepak bola yang tidak lengkap saat Pele menjadi pesepak bola, yakni periode 1950 sampai 1970-an.

Pelé, yang merupakan salah satu pemain sepak bola terbesar sepanjang masa, digadang-gadang telah mencetak total 1283 gol dalam seluruh karirnya.

Angka ini termasuk gol-gol yang dicetak dalam berbagai pertandingan, termasuk pertandingan resmi, pertandingan persahabatan, dan pertandingan eksibisi. Tidak semua gol tersebut terjadi dalam pertandingan resmi yang diakui oleh badan sepak bola resmi.

Perbedaan dalam catatan gol Pelé dapat terjadi karena sumber yang berbeda dan definisi gol apa yang diakui sebagai resmi dan non-resmi. Tetapi secara luas, angka 1283 gol ini sering dikutip sebagai total gol yang dicetak oleh Pele selama kariernya.

Namun, Guinness World Records menghapus empat gol dan meyakini Pele mengemas 1.279 gol dalam 1.363 pertandingan selama menjadi pesepak bola.

Adapun FIFA memiliki statistik yang berbeda. Melalui laman resminya, FIFA menuliskan bahwa Pele telah mengemas 1.281 gol dari 1.363 laga.