Timnas Indonesia U-17 Jalani Psikotes, Diberikan Langsung Psikolog Timnas SEA Games 2023

Timnas Indonesia U-17 Jalani Psikotes
Timnas Indonesia U-17 Jalani Psikotes (Foto : Dok. PSSI)

Antv – Setelah menjalani serangkaian tes kesehatan, Timnas Indonesia U-17 mulai mengikuti ujian psikotes yang dilangsungkan di Hotel Sultan, Jakarta, pada Selasa, 11 Juli 2023 malam WIB.

Materi psikotes diberikan langsung oleh Laksmiari Saraswati dan Afif Kurniawan yang sebelumnya menjadi psikolog di Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 Kamboja.

Seperti yang kita tahu, tim berjuluk Garuda Asia ini tengah dalam persiapan dan pembentukan tim untuk berjuang di Piala Dunia U-17 yang dimana Indonesia menjadi tuan rumah.

"Tujuan psikotes untuk mengetahui skor IQ secara rata-rata maupun individual pemain. Selain itu, mengetahui berbagai aspek kepribadian dan psikososial yang dapat menjadi faktor penunjang kekuatan mental tim," kata Bima Sakti.

"Tes ini juga untuk mengetahui berbagai temuan temuan kualitatif lainnya secara individu ataupun kelompok-kelompok. Untuk besok kami memberikan menu penguatan di gym," tambahnya.

Seleksi tim U-17 Indonesia di Jakarta direncanakan hingga 28 Agustus. Pada tahap awal ini, sebanyak 34 pemain telah dipanggil.

Proses pemusatan latihan ini tentu diberlakukan promosi dan degradasi pemain hingga mendapat kerangka atau susunan pemain yang dibutuhkan.