PP Perbasi Tetapkan 18 Nama Pemain Timnas U16 Untuk Asian Championship SEABA Qualifier 2023

18 Pemain hasil seleksi untuk Timnas U16
18 Pemain hasil seleksi untuk Timnas U16 (Foto : PP perbasi)

Antv – Proses pembentukan tim untuk FIBA U-16 Asian Championship SEABA Qualifiers 2023 memasuki fase akhir. Sejak dilakukan seleksi nasional (Seleknas) di Surabaya pada 5 Juli, PP PERBASI melalui Badan Tim Nasional sudah menemukan pemain yang diinginkan.

Penanggung jawab seleknas Andika Supriadi Saputra menjelaskan, dari seleksi sejak 5 Juli telah terpilih 18 pemain, Jumat (7/7/2023).

Mereka terpilih usai mengalahkan para pesaingnya. "Selamat untuk para pemain terpilih. Ini kesempatan langka karena tidak banyak generasi muda seusia kalian memiliki kesempatan membela Merah Putih di ajang internasional," tukas Andika.

Dijelaskan Andika, sebelum mengerucut menjadi 18 nama, para pemain diseleksi dengan dibagi menjadi tiga grup. Langkah ini diambil untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada anak muda di Indonesia. Grup 1 yang berisi pemain rekomendasi Perbasi provinsi, kabupaten dan kota ada 45 pemain.

Kemudian Grup 2 yang merupakan pemain hasil pantauan PERBASI bersama Badan Tim Nasional ada 20 nama. Adapun Grup tiga yang merupakan pemain dari pantauan saat Kejuaraan Nasional tahun 2022 sebanyak 12 pemain. Total ada 77 pemain ikut seleknas.

Dari 77 nama ini, kemudian dikerucutkan menjadi 45 nama pada 6 Juli. Setelah itu diperas lagi menjadi 18 nama pada 7 Juli 2023. Setelah ini juga akan kembali dilakukan pengurangan menyesuaikan kebutuhan tim di kejuaraan nanti.

"Kami salut dengan semangat para pemain. Semuanya memiliki potensi karena memiliki apa yang dibutuhkan dalam bermain bolabasket. Namun kita dihadapkan pada situasi yang harus memutuskan pemain dalam waktu dekat. Kita berlari dengan waktu sehingga harus memutuskan pemain yang paling siap untuk hadapi event terdekat," ungkap Andika Saputra.