SEA Games 2023 : Angkat Besi Sumbang Medali Emas Ke-69, Lampaui Target Presiden

Lifter putra Rizki Juniansyah raih emas angkat besi kelas 73kg putra.
Lifter putra Rizki Juniansyah raih emas angkat besi kelas 73kg putra. (Foto : NOC Indonesia)

AntvLifter putra Tim Indonesia Rizki Juniansyah mendulang sukses manis di SEA Games 2023 Kamboja setelah mengamankan medali emas di kelas 73kg putra. Tak cuma itu, ia juga membuktikan diri dengan mecetak rekor SEA Games, menggeser catatan yang pernah dibukukan kompatriotnya Rahmat Erwin Abdullah.

Rizki menjadi yang terbaik di kelasnya usai membukukan angkatan total 346kg (szznatch 155kg dan clean&jerk 191kg). Ia unggul atas lifter Thailand Anucha Doungtri dengan angkatan total 315kg serta Ky Su Bui dengan 311kg. 

“Alhamdulilah saya meraih emas dan memecahkan rekor snatch, clean&jerk, dan total angkatan,” kata Rizki.

“Saya termotivasi karena memang saya termotivasi di kelas 73kg dan saya fokus ingin tampil di Olimpiade Paris. Jadi saya harus berhasil. “

Ini adalah kali pertama Rizki turun di kelas 73kg di SEA Games. Biasanya, ia tampil di kelas 79kg karena dalam aturan International Weightlifting Federation (IWF) hanya memperbolehkan satu lifter turun di satu kelas. PB PABSI sebelumnya menurunkan Rahmat di kelas ini.

Demi tampil maksimal di kelas 73kg, Rizki mengaku menjalani program diet demi dapat menurunkan berat badan. Ia mengaku bangga bisa mempersembahkan keping emas untuk Merah Putih.

“Saya mendedikasikan emas ini untuk Indonesia. Terima kasih Pak Raja Sapta Oktohari (Ketua NOC Indonesia) yang sudah mendukung saya. Terima kasih PB PABSI dan Pak Djoko Pramono yang telah mengantarkan saya sampai saat ini. Hasil SEA Games menjadi langkah awal saya menuju Olimpiade Paris 2024 karena bulan depan saya akan turun di kualifikasi Olimpiade di Kuba,” kata Rizki.