Profil Flairene Candrea Pembawa Bendera Indonesia di SEA Games 2023

Profil Flairene Candrea Pembawa Bendera Indonesia di SEA Games 2023
Profil Flairene Candrea Pembawa Bendera Indonesia di SEA Games 2023 (Foto : Istimewa)

Antv – Upacara pembukaan pesta olahraga se-ASEAN, SEA Games 2023 Kamboja akan digelar di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, akan berlangsung Jumat malam ini (5/5/2023).

Dalam defile, Perenang putri Flairene Candrea Wonomiharjo akan memimpin kontingen Indonesia dengan membawa bendera Merah Putih.

Flairene akan berada di barisan depan memimpin sekitar 45 orang yang merupakan perwakilan dari 25 atlet dan ofisial. Serta 15 perwakilan Tim CdM, serta Komite Eksekutif Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia).

Ia merupakan perenang asal Indonesia, yang pernah meraih emas pada SEA Games ke-31 di Hanoi, Vietnam. Saat itu, menang pada nomor 100m gaya punggung.

Wanita kelahiran 19 Januari 2005 ini juga meraih emas dalam cabang renang artistik di Pekan Olahraga Nasional tahun 2021 di Papua. Saat itu menang ketika merepresentasikan DKI Jakarta.

Merangkum berbagai sumber, dirinya sudah mencintai dunia renang sejak kecil. Di usianya ke 6 tahun, Flairene bahkan sudah mengasah bakat renangnya di sekolah renang lokal Jakarta.

Pada 2015, ia pun tertarik untuk terjun ke dunia renang artistik. Hal itu bermula ketika pelatih di sekolah renangnya menawarkan kepada murid-muridnya terkait hal tersebut.

Di samping itu, Flairene juga berlatih renang lintasan dan memiliki perkembangan. Rupanya perkembangan latihannya dilirik oleh pelatih renang Pelatnas Indonesia, Albert Sutanto.

Tepatnya pada Februari 2002, dirinya pun mengikuti pelatihan nasional (Pelatnas) renang. Yaitu guna mempersiapkan ajang SEA Games 2021 yang digelar pada Mei 2022.

Ketika itu, ia hanya memiliki waktu 3 bulan untuk mempersiapkan semuanya. Ia pun juga ingin meraih hasil sebaik mungkin di ajang internasional pertamanya tersebut.

Tidak disangka, ia pun sukses menyabet medali emas di ajang SEA Games 2021. Raihan itu membuat Flairene sebagai motivasi dirinya guna meraih prestasi lainnya di dunia renang internasional.

Di SEA Games 2023 ini, Indonesia menurunkan 599 atlet yang turun di 31 cabang olahraga pada SEA Games kali ini. Tim Indonesia berharap bisa minimal mempertahankan peringkat ketiga yang diraih di Vietnam tahun lalu dengan target 60 medali emas.