Brendan Rodgers Resmi Dipecat Leicester City Usai Kalah dari Crystal Palace

Brendan Rodgers Resmi Dipecat Leicester City
Brendan Rodgers Resmi Dipecat Leicester City (Foto : Tangkap Layar)

Antv – Pelatih Brendan Rodgers resmi dipecat Leicester City usai tim asuhannya yang berjuluk The Foxes kalah 1-2 dari Crystal Palace pada lanjutan Liga Inggris atau Premier Leagur 2022-2023, putaran ke 29, yang digelar pada Sabtu malam WIB (1/4/2023).

Dalam laga tersebut, Leicester sejatinya sempat lebih dahulu memimpin berkat gol Ricardo Pereira. Namun, tuan rumah mampu berbalik unggul berkat gol bunuh diri kiper Daniel Iversen dan gol kemenangan Jean-Philippe Mateta di penghujung laga.

Ini adalah kekalahan ke-17 Leicester di Premier League musim ini. The Foxes pun kini terpuruk di peringkat 19 dengan koleksi poin 25.

Manajemen merasa Brendan bukan lagi orang yang tepat untuk membawa Leicester bangkit. Setelah empat tahun bekerja, ia pun dilepas.

"Leicester City FC telah mencapai kesepakatan bersama dengan Brendan Rodgers. Dirinya meninggalkan klub setelah empat tahun sebagai Manajer Tim Utama kami," bunyi pernyataan resmi Leicester, Minggu (2/4/2023) malam WIB.

Sementara itu, hasil minor menjadi alasan utama pihak klub memutuskan berpisah dengan Rodgers. Meski demikian, mereka tetap mengapresiasi pencapaian yang pernah diberikan Rodgers untuk klub.

"Capaian tim di bawah asuhan Brendan sudah terbukti, kami merasakan momen-momen terbaik di bawah bimbingannya. Kami selalu bersyukur atas yang prestasi yang kami raih bersamanya dan juga stafnya di lapangan," ujar Chairman Leicester, Aiyawatt Srivaddhanaprabha, dalam pernyataan resmi.

"Namun performa dan hasil di musim ini berada di bawah ekspektasi. Kami yakin bahwa keberlanjutan dan stabilitas akan menjadi kunci dan mengoreksi tujuan kami, mengingat apa yang telah kami raih sebelumnya bersama Brendan." tambahnya.

Kini, fokus utama Leicester City adalah selamat dari jeratan degradasi. Dengan 10 laga tersisa, target tersebut masih bisa dicapai meski harus diakui sangat berat.

“Sayangnya, peningkatan yang diinginkan belum terwujud. Dengan 10 pertandingan tersisa musim ini, Dewan terpaksa mengambil tindakan alternatif untuk melindungi status Premier League kami," jelasnya.

“Tugas di depan kami dalam 10 pertandingan terakhir kami sudah jelas. Kami sekarang harus bersatu menunjukkan keseimbangan, kualitas, dan perjuangan untuk mengamankan posisi kami sebagai klub Premier League,” tandasnya menutup.

Rodgers sempat membawa Leicester juara Piala FA dan Community Shield pada 2021. Namun, musim ini dirinya tak mampu membawa James Maddison dkk berbicara banyak.

Akibatnya, Leicester kini berada di zona degradasi dengan 25 poin dari 28 laga. Tak hanya itu, mereka juga sudah kebobolan 49 gol di liga, hanya kalah dari Nottingham Forest dan Bournemouth.