Ketum PSSI Erick Thohir Pergi ke Zurich untuk Membahas Piala Dunia U-20

Erick Thohir Pergi ke Zurich untuk Membahas Piala Dunia U-20
Erick Thohir Pergi ke Zurich untuk Membahas Piala Dunia U-20 (Foto : Instagram @erickthohir)

Antv – Ketua Umum PSSI Erick Thohir disebut akan terbang ke Zurich, Swiss dalam waktu dekat. Hal ini dilakukannya untuk melobi FIFA terkait pelaksanaan Piala Dunia U-20 2023 Indonesia.

"Saya rasa Pak Erick akan segera ke Zurich untuk konsultasi lebih lanjut dengan FIFA, ini belum level tertinggi. Kemarin baru salah satu wakil ketua dari PSSI yang ketemu, mudah-mudahan ada titik temu," kata Muhadjir Effendi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (27/3/2023).

Muhadjir menuturkan, pemerintah sudah melobi FIFA dengan mengajukan prasyarat terkait keikutsertaan Israel dalam Piala Dunia U-20. Ia berharap adanya kesepahaman antara Indonesia dan FIFA selepas pertemuan tersebut.

"Paling tidak FIFA memahami posisi Indonesia dalam konteks ini. Jadi ini bukan soal ditolak atau diprotes, tapi berkaitan dengan konstitusi," ucap Muhadjir, menambahkan.

"Tentu saja kita menyayangkan kondisi-kondisi atau syarat-syarat yang kita ajukan ke FIFA. Kelihatannya tidak mendapatkan kesempatan," ucap Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan yang juga Plt Menpora.

Selain itu, Muhadjir menyayangkan keputusan FIFA membatalkan drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali. Kendati demikian, Muhadjir menegaskan bahwa sikap itu bukan berarti Indonesia menolak kehadiran Israel dengan alasan taat kepada konstitusi.

"Tentu sangat menyayangkan, kondisi atau syarat-syarat yang kita ajukan ke FIFA kelihatannya tidak mendapatkan kesepakatan. Pokoknya yang kita pegang itu bahwa ini masalah bukan kebijakan, tapi soal kepatuhan terhadap konstitusi," kata Muhadjir menutup.

Sebelumnya, FIFA mengambil langkah untuk tidak jadi menggelar drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali pada 31 Maret 2023. Keputusan ini akibat penolakan dari Gubernur Bali, I Wayan Koster terhadap keikutsertaan Timnas Israel U-20.

Hal ini membuat status Indonesia sebagai tuan rumah juga terancam. Kabar merebak bahwa dua negara Amerika Latin, yakni Argentina dan Peru siap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 jika Indonesia akhirnya batal.