Hasil IBL Surabaya : Tak Terkalahkan di 9 Laga, Satria Muda Kalahkan Pelita Jaya

Satria Muda kalahkan Pelita Jaya 72-67 di DBL Arena Surabaya
Satria Muda kalahkan Pelita Jaya 72-67 di DBL Arena Surabaya (Foto : IBL)

AntvHasil pertandingan IBL, laga seru tersaji saat pimpinan klasemen Satria Muda Pertamina Jakarta melawan runner up Pelita Jaya Bakrie Jakarta di DBL Arena, Surabaya, Sabtu, 11 Februari 2023. 

Hasil pertandingan lainnya, Elang Pacific Caesar kalah dari Tangerang Hawks Basketball 70-76, Prawira Harum Bandung kalahkan Evos Thunder Bogor 74 lawan 61 dan Mountain Gold Timika taklukan Satya Wacana Salatiga 78 lawan 73. 

Satria Muda belum tersentuh kekalahan hingga sembilan pertandingan. Mereka semakin kokoh di puncak klasemen dengan 18 poin. Sedangkan Pelita Jaya harus menelan kekalahan kedua dalam delapan pertandingan yang sudah dijalani dan turun ke perinkat empat dengan 14 poin. 

Sepanjang pertandingan, Pelita Jaya selalu memimpin perolehan angka 25-16 di kuarter pertama dan unggul di kuarter kedua 38 lawan 35. Pada kuarter ketiga, Pelita jauh memimpin dengan skor 59 lawan 49. 

Pada kuarter keempat, Satria Muda running score 11-2 di tiga menit awal. Penampilan luar biasa anak-anak Satria Muda ini membuat jarak hanya terpaut satu angka (60-61). Pertahanan Pelita Jaya kocar-kacir menghadapi serangan Satria Muda yang agresif di kuarter keempat ini. Puncaknya satu free throw dari Arki Dikania Wisnu membuat skor sama kuat (61-61).

Empat possession berturut-turut, kedua tim gagal memaksimalkan peluang. Skor 61-61 tetap bertahan hingga masuk ke lima menit terakhir di kuarter keempat. Kebuntuan akhirnya terpecahkan setelah Laurentius Steven Oei menambah dua angka untuk Satria Muda. Poin tersebut sekaligus membuat timnya berbalik unggul atas Pelita Jaya menjadi 63-61. Kemudian hookshot dari Arki Dikania Wisnu membawa Satria Muda unggul empat angka (65-61). Head coach Djordje Jovicic akhirnya meminta time-out.